Kenapa 4 Wajah Presiden Amerika Diabadikan di Gunung Rushmore?

By willa widiana, Rabu, 19 Juli 2017 | 09:33 WIB
4 Wajah Presiden Amerika yang Diabadikan di Gunung Rushmore (willa widiana)

Selain patung liberty, Amerika juga punya Gunung Rushmore yang dihiasi empat pahatan wajah Presiden Amerika. Keempat presiden itu adalah George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln. Mereka telah melakukan hal besar bagi Amerika. Kira-kira... hal apa yang dilakukan oleh keempat presiden itu?

George Washington (Presiden Amerika pertama, menjabat dari 1789 – 1797)

Amerika merupakan daerah jajahan Inggris. Tapi, karena banyak peraturan yang tidak adil, rakyat Amerika pun mulai memberontak dan melawan orang-orang Inggris yang ada di sana. George Washington merupakan salah satu orang yang membantu rakyat Amerika melawan orang Inggris. Berkat perlawanan itu, Amerika pun merdeka pada tahun 1776.

Thomas Jefferson (Presiden Amerika ketiga, menjabat dari 1801 – 1809)

Thomas Jefferson adalah orang yang menyusun Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Deklarasi kemerdekaan adalah sebuah teks yang digunakan untuk memerdekakan sebuah negara, mirip dengan teks proklamasi. Selain menyusun deklarasi kemerdekaan, beliau juga memperluas wilayah Amerika. Louisiana adalah salah satu wilayah yang beliau beli dari Perancis.

Abraham Lincoln (Presiden Amerika ke-16, menjabat dari 1861 – 1865)

Sebelum menjadi presiden, Abraham Lincoln bekerja sebagai pengacara. Ia tidak suka dengan sistem perbudakan yang terjadi di Amerika. Ketika terpilih menjadi Presiden Amerika ke-16, ia pun menghapus sistem perbudakan yang ada di sana. Berkat aksinya itu, ia dianggap sebagai Presiden Amerika terhebat sepanjang sejarah Amerika.

Theodore Roosevelt (Presiden Amerika ke-26, menjabat dari 1901 – 1909)

Theodore Roosevelt adalah seorang pecinta alam. Selain mencintai alam, ia juga mencintai rakyatnya. Selama menjadi presiden, ia banyak membantu rakyat kecil supaya tidak tertindas. O iya, pada tahun 1905, Theodore Roosevelt mendapat hadiah Nobel Perdamaian karena berhasil mendamaikan Rusia dan Jepang yang sedang berperang.

Nah, Teman-teman, itulah alasan di balik pemahatan empat wajah Presiden Amerika di Gunung Rushmore, Dakota Selatan, Amerika Serikat.

Kotak Fakta:

Proses pemahatan wajah Presiden Amerika di Gunung Rushmore berlangsung selama empat belas tahun. Pemahatannya dimulai pada tahun 1927 oleh Gutzon Borglum dan diselesaiklan oleh anaknya yang bernama Lincoln.

Foto: Creative Commons