Dari Senjata Tradisional Jadi Yoyo

By Aan Madrus, Kamis, 20 Juli 2017 | 07:39 WIB
1 (Aan Madrus)

Yoyo adalah mainan bulat bertali yang dimainkan dengan cara dilempar lalu ditarik berulang-ulang. Siapa sangka, permainan yoyo awalnya adalah senjata tradisional yang digunakan di Filipina.

Dulu, orang Filipina mengikat sebuah batu dengan tali. Lalu ujung talinya diikatkan pada sebatang kayu untuk pegangan. Panjang tali itu kira-kira 6 meter. Benda itu digunakan sebagai senjata. Ketika menghadapi musuh atau penjahat, batu bertali itu dilemparkan ke arah lawan.

Ketika melihat senjata yang unik itu, seorang Filipina berkebangsaan Amerika Serikat tertarik untuk menjadikan senjata itu sebagai mainan. Pak Pedro Flores namanya. Pak Pedro lalu membuat lingkaran pipih dari kayu. Di tengah kayu itu dililitkan tali yang panjang. Mainan yang  dimainkan dengan cara dilempar lalu ditarik berulang-ulang itu diberi nama yoyo. Kata yoyo berasal dari bahasa Filipina “yo yo” yang artinya "datanglah-datanglah."

Tak disangka mainan itu disukai banyak orang. Akhirnya pada tahun 1928, Pak Pedro membuka pabrik yoyo di California, Amerika Serikat. Hanya dalam waktu 1 tahun saja, pabrik yoyo itu berkembang pesat, sehingga Pak Pedro membuka 2 pabrik lagi.

Makin lama, mainan yoyo makin berkembang modelnya. Selain terbuat dari kayu, ada juga yang terbuat dari plastik. Ada yang polos, ada juga yang berwarna-warni. Bahkan ada yang diberi lampu.