Ikan Salmon, Tidak Pernah Lupa Tempat Lahirnya

By willa widiana, Kamis, 20 Juli 2017 | 09:58 WIB
Ikan Salmon, Tidak Pernah Lupa Tempat Lahirnya (willa widiana)

Teman-teman, apakah kamu tahu tempat lahirmu? Sebagian orang pasti tahu tempat kelahiran mereka. Begitu juga ikan Salmon!

Ikan salmon lahir di sungai dan menghabiskan 3 bulan pertama hidupnya di tempat asalnya. Setelah itu, ikan salmon akan menghilir ke samudera. Nah, di sanalah mereka menghabiskan hampir seumur hidupnya.

Uniknya, saat mereka berumur 4 tahun, ikan salmon akan kembali ke sungai tempat kelahirannya untuk bertelur. Fenomena ini disebut sebagai ‘salmon run’.

Indera Penciuman yang Tajam

Sampai sekarang, ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti, bagaimana salmon menemukan arah jalan di tengah samudera yang luas. Namun, ada beberapa teori.

Ikan salmon mempunyai kemampuan untuk mendeteksi medan magnet Bumi. Kemampuan ini dapat membuat ikan salmon memahami arah, ketinggian, dan lokasi. Ada peneliti yang berpendapat bahwa mereka menggunakan kemampuan ini untuk mencari posisi sungai kelahiran mereka. Ketika mereka sudah dekat, mereka akan menggunakan indera penciumannya untuk mencari posisi yang tepat.

Ada juga peneliti yang berpendapat bahwa ikan Salmon menggunakan matahari sebagai alat penunjuk arah. Tetapi, hal ini masih belum bisa dibuktikan.

Wah... Hebat, ya! Ikan salmon tidak pernah lupa tempat lahirnya.

Teks: Carla Sherlita, Foto: www.critfc.org