Emu, Burung Besar dari Australia

By Iveta Rahmalia, Minggu, 1 Oktober 2017 | 07:35 WIB
Emu, Burung Besar dari Australia. (Iveta Rahmalia)

Dia bukan burung kasuari, bukan juga burung unta. Dia adalah si burung emu!

Burung Terbesar asli Australia

Emu adalah hewan asli Australia. Tingginya bisa mencapai hampir dua meter. Dengan begitu,  Emu menjadi burung kedua terbesar di dunia, sedangkan peringkat pertama dipegang oleh kerabatnya, yaitu burung unta. 

Emu Jantan Mengerami Telur

Emu betina rata-rata melahirkan 12 telur, tapi ada juga yang melahirkan sampai 20 telur. Uniknya, emu jantan lah yang mengerami telur-telur itu. Selama mengeram, emu jantan makan sangat sedikit. Emu lebih sering mengandalkan cadangan lemak di tubuhnya untuk bertahan hidup. Telur-telur itu juga harus dilindungi dari pemangsa seperti anjing, burung pemangsa, dan buaya.

Suka Air

Emu adalah hewan yang mudah beradaptasi dan tahan lapar sampai berhari-hari. Walaupun tahan lapar, emu tidak bisa hidup tanpa minum air. Emu bisa mengonsumsi air rata-rata delapan galon setiap hari, lo. Emu juga senang berendam di dalam air. Karena itu, sarang emu biasanya tidak jauh dari sungai atau danau.

Banyak Manfaatnya

Di Australia, ada peternakan emu yang sangat besar. Burung emu diternak karena banyak manfaatnya. Kulit dan bulunya bisa dijadikan bahan pakaian. Dagingnya juga mengandung protein tinggi dan rendah kolesterol.  Telurnya pun bisa dikonsumsi dan cangkangnya dijadikan kerajinan. Emu juga punya minyak di dalam tubuhnya yang bisa diolah untuk mengobati luka bakar, memar, dan kecantikan.

O ya, walaupun burung emu tidak bisa terbang, ia bisa berlari sangat cepat sampai 50 km/jam, lo!