Mawsynram, Paling Sering Diguyur Hujan

By Iveta Rahmalia, Senin, 2 Oktober 2017 | 03:36 WIB
Mawsynram, Paling Sering Diguyur Hujan . (Iveta Rahmalia)

Di desa ini, hujan tidak turun seperti biasanya. Hujan bisa turun berhari-hari tanpa henti.

Hujan yang Tidak Biasa

Desa ini terletak di India, namanya Desa Mawsynram. Di daerah India lainnya, musim hujan berlangsung dari bulan Juni sampai September. Sementara di Mawsynram, musim hujan berlangsung lebih lama dari itu. Hujan yang turun bisa berlangsung selama berhari-hari tanpa henti. Ketika turun hujan, penduduk desa harus menggunakan alat kedap suara untuk menyamarkan suara hujan yang nyaring. Matahari akan jarang sekali nampak di musim hujan, membuat ruangan di dalam rumah akan sangat gelap jika tidak ada listrik untuk penerangan.

Curah Hujan yang Tinggi

Desa Mawsynram memiliki curah hujan yang tinggi. Curah hujan tahunannya rata-rata 11.871 mm. Desa ini pun disebut sebagai desa terbasah di dunia. Letaknya dekat dengan Teluk Benggala. Menurut ahli meteorologi, air dari Teluk Benggala menguap dan tersimpan di awan. Lalu awan itu bergeser ke Mawsynram, menambah jumlah awan hujan yang ada di Mawsynram.  Maka, jadilah musim hujan yang panjang.

Menghadapi Lamanya Guyuran Hujan

Berbulan-bulan sebelum musim hujan tiba, penduduk desa sudah bersiap-siap. Mereka akan memperbaiki atap yang rusak, menyiapkan kayu bakar, dan menyimpan bahan makanan mentah sebelum musim hujan datang. Penduduk desa ini juga akan membuat tudung hujan yang bernama knups. Knups terbuat dari anyaman bambu dan serat pohon enau yang dilapisi plastik. Knups mirip cangkang kura-kura.

Walaupun penduduk Mawsynram kewalahan saat musim hujan, mereka tetap bersyukur ketika hujan datang. Musim kemarau di Mawsynram akan jadi lebih buruk lagi, karena penduduknya akan sulit mendapatkan air bersih.