4 Tanda Jajanan Tak Sehat

By willa widiana, Kamis, 20 Juli 2017 | 11:18 WIB
4 Tanda Jajanan Tak Sehat (willa widiana)

Saat jam istirahat tiba, kita semua pasti pergi ke kantin untuk membeli jajanan. Tapi ingat! Selalu perhatikan jajanan kita, ya. Jangan sampai, kita membeli jajanan yang tak sehat. O iya, jajanan tak sehat itu ada tandanya, lo. Apa saja tandanya? Berikut adalah 4 tanda jajanan tak sehat!

Warna Mencolok

Jajanan dengan warna yang unik dan mencolok memang selalu menarik perhatian kita. Tanpa pikir panjang, kita pun akan membeli dan mencicipi rasanya. Tapi, kamu harus hati-hati. Warna jajanan yang mencolok bisa disebabkan oleh penggunaan zat pewarna yang berlebihan.

Bahkan, beberapa jajanan ada yang menggunakan zat pewarna tekstil atau pakaian. O iya, makanan yang menggunakan pewarna tekstil biasanya akan meninggalkan bekas warna di tangan kita, meski sudah dicuci menggunakan air dan sabun.

Rasanya Tajam

Jajanan tak sehat biasanya memiliki rasa yang tajam atau berlebihan. Rasa jajanan yang tajam biasanya disebabkan oleh penggunaan bumbu penyedap rasa atau pemanis yang berlebihan.

O iya, Teman-teman, jika kamu merasakan pahit setelah mengonsumsi jajanan manis, kamu harus berhati-hati. Bisa jadi itu adalah jajanan yang tidak sehat.

Baunya Tidak Sedap

Jajanan yang tidak sehat biasanya memiliki bau yang tidak sedap, seperti bau asam, busuk, atau tengik. Jika jajananmu sudah berbau tak sedap, sebaiknya jangan dimakan, ya!

Kemasan

Saat membeli jajanan, perhatikan juga kemasannya. Jajanan yang baik bisa menjadi buruk, jika kemasannya rusak. Jajanan yang baik juga bisa menjadi buruk, jika dikemas menggunakan barang bekas, seperti koran. Seperti kita tahu, koran bekas itu mengandung tinta. Tinta pada koran bisa menempel pada jajanan kita dan membuatnya jadi tidak sehat.

Selain hal-hal di atas, perhatikan juga tempat jajananmu disimpan. Jangan sampai kamu membeli jajanan di tempat yang terkena debu dan banyak dikerubungi lalat, ya!

Nah, Teman-teman, itulah 4 tanda jajanan tak sehat yang harus kamu perhatikan.

Foto: netdna-cdn.com