Tasmanian Devil, Hewan Menyeramkan dari Tasmania

By Danastri Permata Putri, Sabtu, 22 Juli 2017 | 07:26 WIB
Tasmanian Devil (Danastri Permata Putri)

Siapa yang suka dengan kartun Looney Tunes? Penggemar kartun ini pasti tidak asing dengan tokoh Tazmanian Devil. Itu, lho, yang suka menggigit apa saja dan gerakannya sangat cepat. Tahukah kamu, ternyata hewan ini ada sunnguhan, lo!

Dari Pulau Tasmania

Namanya Tasmanian Devil atau Setan Tasmania. Hmm… dari namanya saja sudah seram, ya! Hewan ini memiliki nama latin Sarcophilus harrisii. Tasmanian Devil adalah binatang marsupialia (hewan berkantung) karnivora. Diberi nama Tasmanian, karena hewan ini hanya terdapat di negara bagian Pulau Tasmania, Australia.

Kecil dan Berotot

Hewan ini memiliki ukuran yang sama dengan seekor anjing kecil dengan ekor yang cukup panjang. Walaupun kecil, badannya kekar dan berotot. Tasmanian Devil memiliki wajah mirip tikus dan bulu berwarna hitam. Tahukah kamu, hewan ini adalah marsupialia karnivora terbesar di dunia, lo!

Bisa Sangat Berbahaya

Sesuai dengan namanya, Tasmanian Devil cukup menyeramkan. Suaranya sangat keras dan mengganggu. Jika sedang ketakutan, baunya sangat kuat. Selain itu, mereka sangat berbahaya jika sedang mengasuh anak-anaknya. Hewan ini dikenal sebagai binatang pemburu. Mereka juga memakan sisa-sisa binatang lain. Meskipun tidak hidup berkelompok, terkadang mereka makan bersama dengan Tasmanian Devil lainnya.

Populasi Terancam

Sekitar 400 tahun sebelum Pemukiman bangsa Eropa pada 1788, populasi hewan ini menurun. Mereka dianggap menjadi ancaman terhadap ternak sapi di Tasmania. Sampai akhirnya pada tahun 1941, Tasmanian Devil dilindungi secara resmi.

Sejak akhir tahun 1990, penyakit tumor muka Tasmaniam Devil menyebabkan populasinya kembali menurun. Hal ini mengancam spesies ini. Kemungkinan, mereka akan segera dimasukkan dalam daftar binatang yang terancam punah. Tetapi pemerintah Tasmania masih terus berusaha untuk mengurangi dampak dari penyakit ini.