Cumi-cumi Vampir yang Hidup di Dasar Laut

By Yomi Hanna, Sabtu, 22 Juli 2017 | 07:29 WIB
Cumi-cumi Vampir (Hanna Vivaldi)

Cumi-cumi adalah hewan laut yang termasuk ke dalam kelas cephalopoda. Hewan ini unik karena memiliki kaki di kepalanya atau yang sering kita sebut dengan tentakel. Berbeda dari jenis cumi-cumi yang sering kita lihat, ada namanya cumi-cumi vampir. Seperti apakah bentuk cumi-cumi ini, ya?

Cumi-Cumi yang Hidup di Dasar Laut

Cumi-cumi vampir memiliki nama ilmiah Vampyroteuthis infernalis, yang bisa diartikan sebagai cumi-cumi vampir dari neraka. Kenapa disebut seperti itu? Karena hewan ini hidup di kedalaman laut hingga 600-900 meter. Nah, wilayah perairan ini sangat dalam dengan kadar oksigen yang sedikit. Selain itu, di sana juga sangat gelap dan dingin.

Bentuk Fisik Cumi-Cumi Vampir

Tubuh cumi-cumi ini berwarna gelap. Di tentakelnya terdapat selaput yang mirip jubah. Mata yang berwarna merah. Meskipun disebut cumi-cumi vampir, hewan  ini tidak mengisap darah. Cumi-cumi yang panjangnya sekitar 30 sentimeter ini merupakan satu-satunya spesies dari ordo Vampyromorphida yang masih bertahan hidup.

Mampu Bertelur Hingga 100 Kali

Jika cumi-cumi pada umumnya hanya bertelur satu kali saja dalam musim tertentu, cumi-cumi vampir mampu bertelur hingga 100 kali, lo. Wow! Ini diketahui berdasarkan hasil studi yang tertulis dalam jurnal sains Currnt Biology.

Kenapa Bisa Berbeda Dengan Cumi-Cumi Lainnya?

Ternyata ini terjadi karena cumi-cumi vampir sudah beradaptasi dengan tempat hidupnya yang berada di dasar laut. Dasar laut yang gelap tersebut membuat metabolisme tubuh cumi-cumi vampir menjadi rendah dan fase hidupnya juga lebih lambat. Hewan ini juga bukan termasuk hewan yang aktif dan tidak membutuhkan makanan yang berkalori tinggi.