2 Fakta Venesia

By willa widiana, Sabtu, 22 Juli 2017 | 03:55 WIB
2 Fakta Seputar Venesia (willa widiana)

Venesia adalah salah satu kota yang ada di Italia. Kota seluas 412 km persegi ini memiliki 118 kanal. Banyak, ya! Selain menyimpan banyak kanal, kota ini juga menyimpan banyak fakta. Dua diantaranya ada di bawah ini!

Kota Gondola

Jalanan di Kota Venesia cukup sempit. Karena hal itu, penduduk di kota ini tidak menggunakan mobil. Orang-orang di Venesia lebih memilih gondola sebagai kendaraan utama. Bagi mereka, gondola lebih mudah dan memungkinkan untuk dipakai, daripada mobil.

Kanal-kanal yang ada di Venesia saling terhubung. Jadi, mereka bisa pergi ke sekolah, pasar, hingga bioskop dengan gondola. Karena keunikannya ini, banyak turis yang datang dan berkeliling Kota Venesia menggunakan gondola.

Daerah Rawa Berlumpur

Dulu, Venesia adalah daerah rawa berlumpur. Namun, daerah ini berkembang dan berubah menjadi kota pelabuhan dan pusat seni. Orang-orang mulai tinggal di Venesia pada abad ke-5. Kebanyakan dari mereka adalah orang venetos yang berasal dari pantai Laut Adriatik.

Namun sayang, bangunan berdinding marmer yang ada di kota ini mulai rusak karena polusi udara. Selain itu, air laut juga terus meninggi. Jika terus menerus seperti ini, Kota Venesia bisa terendam air laut. Wah... sayang sekali, ya!

Itulah 2 fakta seputar Venesia. Semoga masalah yang merusak kota ini bisa segera diatasi, ya, Teman-teman.

Foto: Creative Commons