Monowi, Desa Sepi di Dunia

By Marisa Febrilian, Jumat, 21 Juli 2017 | 10:55 WIB
Desa Monowi, Desa Sepi di Dunia (Marisa Febrilian)

Ssst...kabarnya desa ini hanya dihuni oleh satu orang saja, lo. Wah bagaimana ia bisa bertahan hidup, ya?

Penghuni Tunggal

Kalau sebuah desa dihuni oleh penduduk yang banyak, pasti sudah biasa kan? Nah, desa yang satu ini hanya dihuni oleh seorang penduduk. Wow!  Desa Monowi yang terletak di kabupaten Boyd, Amerika Serikat salah satunya. Berdasarkan hasil dari data sensus di Amerika, pada tahun 2010 desa ini diketahui hanya memiliki satu penduduk saja. Ia adalah Ibu Elsie Eiler. Sebelumnya, Ibu Elsie tinggal di desa itu bersama suaminya, bernama Pak Rudy Eiler. Namun, pada tahun 2004, Pak Rudy meninggal dunia. Sekarang hanya Ibu Elsie yang menghuni desa itu.

Masa Kejayaan

Luas desa Monowi hanya 0,52 Km persegi. Pada tahun 1930-an, desa Monowi mengalami puncak kejayaan. Di tahun itu, total populasi penduduk desa Monowi mencapai 150 jiwa. Banyak penduduk desa yang pindah ke kota dan meninggalkan desa Monowi. Alasannya, karena mereka ingin mendapat kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik. Akibatnya, sekitar tahun 2000, desa Monowi kehilangan banyak penduduknya, dan hanya menyisakan Ibu Elsie dan Pak Rudy. Sejak saat itu, mereka berdua lah yang betanggungjawab penuh mengatur semua urusan di desa ini.

Isi Desa Monowi

Meskipun desa ini hanya dihuni oleh satu penduduk, tetapi di tempat ini kita bisa menemukan tempat makan dan perpustakaan, lo. Koleksi buku yang ada perpusatakaan ini, mencapai 5.000 buku. Wiii...tidak kalah dengan pepustakaan di kota kan?  O ya, rumah makan yang didirikan Ibu Elsie juga tidak kalah menarik, lo. Pelanggannya datang dari orang-orang melintasi desa Monowi dan juga penduduk di sekitar desa ini.

Karena menjadi satu-satunya penghuni desa, Ibu Elsie merangkap sebagai kepala desa dan juga penduduk, lo. Wiii..hebat, ya!