Terwelu, Mamalia yang Bisa Berubah Warna

By willa widiana, Minggu, 1 Oktober 2017 | 09:45 WIB
Terwelu yang sudah berubah warna menjadi putih! (willa widiana)

Bunglon, katak pohon, dan gurita adalah beberapa jenis hewan yang bisa merubah warna tubuhnya. Selain tiga hewan itu, ada satu hewan yang bisa merubah warna tubuh mereka. Namanya Terwelu.

Terwelu Kaki Putih

Terwelu yang akan kita bahas kali ini adalah terwelu kaki putih. Ia hidup di daerah Amerika Utara. Saat musim panas, bulu terwelu berwarna cokelat. Saat musim dingin tiba, bulunya akan berwarna putih. Perubahan warna bulu ini berlangsung saat musim gugur. Prosesnya terjadi selama 10 minggu. Lama juga, ya!

Keluarga Kelinci

Terwelu masih satu keluarga dengan kelinci. Bedanya, kelinci hidup di dalam lubang, sedangkan terwelu hidup di atas rumput. Bayi mereka juga berbeda. Saat lahir, bayi kelinci belum bisa melihat dan tidak memiliki bulu. Bayi trewelu sudah bisa melihat dan memiliki bulu. O iya, tubuh dan telinga terwelu juga lebih besar daripada kelinci.

Tumbuhan dan Bangkai

Di musim panas, terwelu makan tumbuh-tumbuhan. Di musim dingin, ia makan batang kayu dan tunas bunga. Terwelu juga makan bangkai hewan kecil, seperti tikus. Bangkai yang mereka makan akan diubah menjadi protein.

Tidak Hibernasi

Saat musim dingin, beberapa hewan akan melakukan hibernasi, tapi tidak dengan terwelu. Hewan ini tetap beraktivitas di musim dingin. Agar tidak dimangsa oleh lynx, rubah, dan anjing hutan, terwelu akan mencari makan di malam hari.

Itulah sedikit kisah tentang terwelu, mamalia yang bisa berubah warna.

Teks: Carla Sherlita/Willa