Ketahui dan Kembangkan Kemampuanmu

By willa widiana, Selasa, 25 Juli 2017 | 04:50 WIB
Ada orang yang pandai bermain musik. (willa widiana)

Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan. Menurut Ibu Penny Robertson (Pendiri Australian Independent School) dan Pak brenton Hall (Kepala Sekolah AIS Kemang, Jakarta), kekurangan dan kelebihan kita bisa diketahui lewat lima hal di bawah ini!

Coba Beragam Hal

Teman-teman, apakah kamu pernah tertarik untuk belajar piano, belajar renang, dan belajar bahasa asing dalam waktu bersamaan? Jika pernah, lakukan saja semuanya. Tapi ingat, atur waktu dengan baik. Jangan sampai ada kegiatan yang tabrakan.

Pilih yang Paling Disukai

Setelah mencoba beberapa kegiatan, kita akan tahu kegiatan mana yang bisa dilakukan dengan mudah dan mana yang harus dilakukan dengan usaha keras. Nah, pilih satu atau dua kegiatan yang paling ktia suka. Kita juga bisa memilih kegiatan yang membuat kita nyaman.

Dilatih

Setelah memilih satu atau dua kegiatan yang kita suka, perbanyak latihan di bidang itu. Latihannya dilakukan dengan tekun, ya! Jangan bolong-bolong. O iya, cari tahu juga hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan itu. Jadi, kita akan tahu lebih banyak tentang kegiatan itu.

Hargai

Ada orang yang mahir bermain musik, ada juga orang yang mahir di bidang olahraga. Setiap kemampuan punya keistimewaan yang berbeda-beda. Jadi, apapun jenisnya, kita harus menghargai kemampuan yang ada di dalam diri kita, ya!

Minta pendapat

Setelah melakukan latihan, coba minta pendapat orang tua atau orang lain yang lebih ahli di bidang itu. Saat mereka memberi masukan, terima masukannya dengan lapang dada. Bagaimanapun juga, hal itu demi kebaikan kita.

Nah, Teman-teman, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui dan mengembangkan kemampuanmu. Jadi, jangan takut mencoba. Tanpa mencoba, kita tidak akan tahu dimana kemampuan kita berada.

Ilustrasi: Ode