5 Fakta Unik Bunga Matahari

By Eka Kartika, Selasa, 25 Juli 2017 | 08:30 WIB
Bunga matahari, Foto: Wordpress (Eka Kartika)

Bunga matahari adalah salah satu tanaman bunga yang populer di dunia. Bunga yang awalnya dilestarikan dan dibudidayakan oleh orang Indian ini, memiliki beberapa fakta unik, lo!

1. Menghadap Matahari

Bunga matahari termasuk dalam genus Helianthus annuus L. Dalam bahasa Yunani, Helios artinya adalah matahari. Sementara, annuus adalah bunga. Diameter kepala bunga matahari mencapai 30 cm. Bunga ini juga selalu mekar menghadap matahari.

2. Banyak Julukan

Di berbagai negara, bunga matahari memiliki sebutan khusus. Seperti di Perancis, bunga ini dikenal dengan tournesol atau pengelana matahari. Di Filipina, bunga ini disebut sebagai mirasol. Sementara, di Jepang dikenal sebagai himawari.

3. Minyak Bunga Matahari

Selain sebagai tanaman hias, bunga nasional negara Ukraina ini menghasilkan minyak yang banyak manfaatnya. Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat. Asam linoleat ini baik bagi kesehatan manusia. Biasanya, minyak bunga matahari digunakan untuk menggoreng, mengentalkan, atau untuk campuran salad.

4. Menyerap Radiasi Nuklir

Di Fukushima, Jepang, jutaan bunga matahari sengaja ditanam setelah bencana tsunami pada tahun 2011. Bencana tersebut menghancurkan reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir, yang menyebabkan timbulnya radiasi pada lingkungan. Jutaan bunga matahari itu ditanam karena dapat membantu menyerap radiasi nuklir.

5. Layu pada Sore Hari

Jika ingin memetik bunga matahari untuk diletakkan di vas bunga, maka petiklah saat pagi hari. Itu karena, bunga matahari akan terlihat layu pada sore hari.