Bagaimana Tanda-Tanda Seseorang yang Mengalami Dehidrasi?

By willa widiana, Selasa, 25 Juli 2017 | 10:15 WIB
Bagaimana Tanda-Tanda Seseorang yang Mengalami Dehidrasi? (willa widiana)

Teman-teman pasti tahu apa itu dehidrasi. Teman-teman juga pasti tahu bagaimana cara mengatasinya. Tapi, apakah kamu tahu bagaimana tanda-tanda seseorang yang mengalami dehisrasi?

Menurut Kak Greg Justice, pakar fisiologi dari AYC Fitness, seseorang yang mengalami dehidrasi akan mengalami hal-hal berikut ini:

Sakit Kepala

Saat tubuh kehilangan cairan terus menerus, maka garam yang ada di dalam tubuh kita juga akan hilang. Jika kandungan garam hilang, maka susunan kimia dalam darah kita akan berubah. Nah, perubahan susunan kimia itulah yang menyebabkan kita sakit kepala. Semakin banyak cairan tubuh yang hilang, maka kepala kita akan merasakan sakit yang semakin besar.

Urin Berwarna Kuning Pekat

Orang yang terkena dehidrasi akan mengeluarkan air pipis berwarna kuning pekat. Kenapa bisa begitu?

Saat kekurangan cairan, racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh akan sulit untuk keluar. Nah, racun dan kotoran itulah yang menyebabkan air seni kita berwarna kuning pekat. Jadi, kamu harus minum air putih yang cukup, ya, Teman-teman.

Konstipasi

Orang yang terkena dehidrasi akan mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar. Kenapa bisa begitu?

Cairan berfungsi sebagai alat pelumas dalam usus. Jika tubuh memiliki cairan yang cukup, kotoran yang ada di usus besar akan keluar dengan teratur. Tetapi, kotoran yang ada di usus besar akan sulit untuk dikeluarkan jika tubuh kekurangan cairan.

Nah, Teman-teman, sekarang sudah tahu, kan, bagaimana tanda-tanda seseorang yang mengalami dehisrasi? Jika gejala di atas terjadi padamu, segera minum air putih, ya!

Ilustrasi: Ode