Pohon Pinus Cook Selalu Tumbuh Miring

By willa widiana, Rabu, 26 Juli 2017 | 05:25 WIB
Pohon pinus Cook (Araucaria columnaris) di University of California, Irvine, California, Amerika Serikat. (willa widiana)

Kebanyakan pohon pinus tumbuh tegak, tapi pohon pinus cook (Araucaria columnaris) selalu tumbuh miring. Apa yang menyebabkan pohon pinus itu tumbuh miring? Kita cari tahu bersama, yuk, Teman-teman!

Garis Khatulistiwa

Beberapa waktu lalu, Pak Matt Ritter melakukan pengamatan terhadap pohon pinus cook yang ada di beberapa benua. Dari pengamatan itu, Pak Matt Ritter jadi tahu kalau pohon pinus cook selalu tumbuh ke arah garis khatulistiwa. Tapi sayang, Pak Matt Ritter belum mengatahui kenapa pohon pinus cook tumbuh ke arah garis khatulistiwa.

Beda Negara, Beda Kemiringan

Indonesia adalah negara yang dilewati garis khatulistiwa, jadi pohon pinus cook akan tumbuh tegak di negara kita. Bagaimana dengan negara lain? Di Australia, pohon pinus cook selalu tumbuh miring ke arah utara, sedangkan pohon pinus cook yang ada di Amerika selalu tumbuh miring ke arah selatan.

Kemiringian pohon pinus cook di setiap negara berbeda-beda. Ada yang miring 8.55 derajat, ada juga yang miring hingga 40 derajat, seperti di Australia Selatan. Intinya, pohon pinus cook akan tumbuh semakin miring jika letaknya sangat jauh dengan garis khatulistiwa.

Kaledonia Baru

Pohon pinus cook awalnya tumbuh di Kaledonia Baru, pulau kecil yang berada di Samudera Pasifik. Lama kelamaan, tanaman ini menyebar ke daerah tropis dan subtropis yang ada di seluruh dunia. O iya, nama ‘cook’ pada tanaman ini berasal dari nama belakang Kapten James Cook. Ia adalah seorang yang mengadakan pelayaran ke bumi bagian Selatan.

Sumber: nationalgeographic.co.id, Foto: Ecology Journal