Danau Susu Stroberi

By YANTI, Rabu, 26 Juli 2017 | 04:00 WIB
Indahnya Pemandangan Danau Retba (YANTI)

Aneh tapi nyata! Air di Danau Retba, Senegal, Afrika Barat itu berwarna pink atau merah muda. Persis seperti warna susu stroberi. Wow! Sangat menakjubkan, kan?! Di sana danau ini dikenal dengan sebutan Lac Rose. Kenapa bisa begitu, ya? Menurut para ahli, warna pink itu disebabkan adanya kumpulan mikroorganisme yang hidup di sana. Namanya Dunaliella Salina. Nah, jumlah Dunaliella Salina ini sangat banyak di sana. Konon, makhluk super kecil itu, sangat suka garam. Pada musim kemarau, warna pink-nya akan jelas.

Mikroorganisme Dunaliella Salina ini, menghasilkan pigmen merah dalam tubuhnya. Pigmen itu terbentuk dengan bantuan sinar matahari. Lalu, energi dari tubuh Dunaliella Salina, bisa membuat air berubah jadi pink.

Selain warnanya yang sangat unik, danau ini punya daya tarik lain. Apa tuh? Danau ini mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Bahkan di tepi danaunya tampak tumpukan bongkahan garam, lo! Kalau mau coba, para pengunjung bisa mencoba mengapung sambil tiduran di danau. Oiya, banyak juga penduduk yang mengumpulkan garam dari danau itu.

            Gimana, masihkan membayangkan susu stroberi manis, kalau melihat danau itu?