Inilah 2 Negara Terkecil di Dunia

By willa widiana, Rabu, 26 Juli 2017 | 09:02 WIB
Salah satu tempat di Vatikan. (willa widiana)

Ukuran suatu negara itu berbeda-beda. Ada yang mencapai 17 juta kilometer persegi, ada juga yang di bawah 3 kilometer persegi. Kira-kira, negara mana yang mendapat julukan “Negara Terkecil di Dunia”?

Vatikan

Vatikan termasuk negara terkecil di dunia. Luasnya hanya sekitar 0,44 kilometer persegi. Jika dibandingkan, luas negara ini sama dengan 60 lapangan bola. Jumlah penduduknya juga sedikit, sekitar 840 orang.

Dulu Vatikan termasuk wilayah Italia. Tetapi, pada 11 Februari 1929, Vatikan memisahkan diri dari Italia. Batas antara Vatikan dengan Italia hanya dihalangi oleh tembok kota. O iya, Vatikan termasuk negara enklav, artinya negara yang dikelilingi oleh wilayah negara lain.

Vatikan tidak mempunya tentara, jadi mereka menyewa tentara dari Swiss. Tentara itu dinamai Garda Swiss. Laki-laki yang menjadi anggota Garda Swiss harus berkewarganegaraan Swiss dan beragama Katolik. O iya, orang Vatikan menggunakan bahasa Italia dan Latin.

Monako

Monako adalah negara terkecil kedua di dunia. Luas negara ini hanya 2,02 kilometer persegi. Meski kecil, jumlah penduduknya cukup banyak, yakni 37.550 orang. Negara yang berbatasan dengan Perancis dan Laut Tengah ini dipimpin oleh Pangeran Albert II.

Monako memiliki bendera yang sama dengan Indonesia, hanya saja ukurannya berbeda. Bahasa resmi yang digunakan oleh negara ini adalah bahasa Perancis. O iya, Monako tidak memiliki Angkatan Laut dan Angkatan Udara, lo.

Nah, Teman-teman, itulah dua negara terkecil di dunia. Kalau kamu info lain yang berhubungan dengan negara terkecil di dunia, jangan lupa berbagi dengan Bobo, ya!

Foto: Creative Commons