Anjing yang Gondrong

By YANTI, Rabu, 26 Juli 2017 | 08:45 WIB
Kereeen ya! (YANTI)

Bulunya yang tebal itu, bukan enggak ada gunanya, lo. Bulu itu sangat berguna untuk menghangatkan tubuhnya. Hmm, seperti saat kita memakai selimut. Karena suhu udara di Hungaria, negara asalnya, sangat dingin. Apalagi kalau sedang musim dingin. Suhunya bisa sampai -20 derajat Celcius. Oiya, bulu itu juga ampuh untuk menakut-nakuti musuh, lo. Banyak musuh yang mundur, karena takut melihat penampilannya.

Komondor termasuk anjing berbadan besar. Tingginya bisa mencapai 75 cm. Beratnya bisa mencapai 45 kg. Meskipun badannya besar, ia sangat gesit dan bisa berlari cepat. Ia juga dikenal anjing pelindung, yang cerdas. Ia mudah sekali diajari untuk melakukan perintah. Di negara asalnya, komondor sering diberi tugas menjaga sekawanan ternak, lo! Ia sangat melindungi dan menjaga keamanan ternak itu. Kalau ada yang mau mengganggu, ia akan menyerang musuhnya. Hmm, tapi ada yang lucu, nih. Dengan sesama anjing yang beda jenis, komondor malah suka galak dan menyerangnya. Lo?!?

Kalau kusut dan dekil, komondor jadi tidak menarik sama sekali. Soalnya, kegondrongnya itulah yang paling menarik perhatian. Makanya komondor harus dirawat dan dimandikan teratur. Kalau tidak, rambut gondrongnya bisa jadi sarang kuman dan kutu. Uuuh, kasihan, kan?! Oya, sesudah dimandikan rambut gondrongnya harus langsung dikeringkan. Ssst, lama waktu mandi dan mengeringkan rambutnya bisa sampai berjam-jam, lo!

Sayang,  komondor enggak terlalu cocok tinggal di negara tropis. Mm, kasihan dia bisa kepanasan, kalau tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Kalaupun ada yang memeliharanya, biaya perawatannya sangat mahal. Ssst, konon harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah, lo.