Bahayanya Menjadi Perokok Pasif

By Putri Puspita, Jumat, 28 Juli 2017 | 04:13 WIB
Bahayanya menjadi perokok pasif. (Putri Puspita)

Teman-teman, kita harus berhati-hati jika dekat dengan orang yang sedang merokok. Seseorang yang menghirup asap rokok walaupun tidak merokok disebut perokok pasif. Nah, perokok pasif 3x lipat lebih berisiko terkena bahaya daripada perokok aktif. Apa saja bahayanya?

Gangguan Pernapasan

Teman-teman, coba bayangkan ada asap yang mengandung banyak racun masuk ke paru-paru. Pasti paru-paru kita menjadi terganggu fungsinya.

Karena asap rokok, kita jadi sulit bernafas. Asap rokok juga membuat batuk berkepanjangan, alergi, hingga kanker paru-paru. O iya, selain menggangu fungsi paru-paru, asap rokok juga bisa menggangu fungsi jantung, Teman-teman.

Mengganggu Sistem Imun

Kalau masih anak-anak, sistem imun kita masih lemah. Jika ada banyak asap rokok yang masuk, maka pertumbuhan paru-paru menjadi terlambat. Banyak penyakit yang begitu mudah menyerang ketika sistem imun lemah, seperti radang, infeksi, flu, dan lain-lain.

Bahan Kimia Berbahaya

Rokok mengandung banyak bahan kimia berbahaya, sekali mengisap asapnya, ada ratusan bahkan jutaan zat kimia berbahaya yang masuk. Bahan kimia ini yang bisa menganggu fungsi tubuh dan menyebabkan penyakit.

Nah, sudah tahu kan sekarang bahayanya menjadi perokok pasif? Jadi, ketika di sekitar kita ada yang merokok, lebih baik berpindah tempat untuk menghindari asapnya masuk ke tubuh.

Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (www.kemkes.go.id)