8 Fakta Tentang Tomat

By Aan Madrus, Minggu, 30 Juli 2017 | 04:26 WIB
Aneka macam tomat (Aan Madrus)

Siapa tak kenal tomat. Tomat ada di mana-mana. Tomat juga punya banyak cerita yang menarik. Inilah serba-serbi tentang tomat!

  1. Tomat pertama kali dikenal oleh suku Aztek, Amerika sekitar 700 tahun SM. Kemudian menyebar ke seluruh dunia.
  2. Warna tomat macam-macam. Ada merah, kuning, oranye, hijau, ungu, bahkan ada yang loreng. Bentuknya macam-macam. Ada yang bulat, lonjong, atau seperti buah pir. Ukurannya juga macam-macam. Mulai dari tomat sebesar buah ceri sampai tomat sekepal tangan orang dewasa.
  3. Tanaman tomat senang air dan suhu yang panas. Semakin banyak air dan suhu semakin hangat, buah tomat makin cepat matang.  Di Indonesia buah tomat menjadi cepat matang. Kalau di negara yang bersuhu dingin, buah tomat matang setelah menggelembung jadi besar. Tentu saja waktu panen tomat di Indonesia lebih cepat dibandingan di  negara bersuhu dingin. Tetapi ukuran buahnya lebih besar di negara bersuhu dingin.
  4. Sekitar tahun 1800-an masyarakat daerah Naples, di Italia bagian selatan, mengenal pizza. Pizza kemudian berkembang di seluruh Italia. Konon sebuah rumah makan di sana membuat pizza khusus untuk menyambut Ratu Margarite. Pizza itu berwarna merah, putih, dan hijau sesuai warna bendera Italia. Warna hijau dihasilkan dari daun basil. Warna putih dari keju mozarela. Sedangkan warna merah dari tomat. Karena rasanya enak, sejak itu pizza selalu diberi tomat.
  5. Di beberapa negara ada festival tomat, misalnya La Tomatina di Spanyol. Festival yang diselenggarakan untuk memeriahkan panen raya tomat ini, acaranya berupa saling lempar tomat. Sebelum dilempar, tomat harus diremas dulu untuk mengurangi rasa sakit bagi yang kena lemparan. Selain itu tomat yang basah akan membuat baju korban jadi kotor.
  6. Tomat mengandung likopen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Likopen merupakan antioksidan atau zat anti kanker. Likopen juga sangat baik untuk menjaga ketajaman mata. Meskipun kandungan likopen pada tomat mentah dan pada tomat yang sudah dimasak, jumlahnya tidak jauh berbeda, ternyata tubuh kita lebih mudah menyerap likopen yang sudah dimasak.
  7. Tomat juga kaya dengan vitamin A, vitamin C, dan potassium.
  8. Tomat itu buah atau sayuran? Pada abad ke-19 di Amerika Serikat ada perdebatan yang hebat antara dinas pajak dengan importir tomat sampai ke pengadilan. Menurut dinas pajak, tomat adalah buah, karena ada biji di dalamnya. Karena itu importer harus membayar pajak sebesar 10%. Menurut importer, tomat adalah sayur, karena sering digunakan dalam masakan. Karenanya ia harus bebas pajak. Kala itu impor buah dikenakan pajak 10 persen, sedangkan sayuran tidak kena pajak. Dalam kasus ini pengadilan memutuskan bahwa tomat adalah sayur. Menurutmu bagaimana?