Walabi, Mamalia yang Mirip Kanguru

By Marisa Febrilian, Jumat, 28 Juli 2017 | 08:43 WIB
Wallabi adalah mamalia berkantung. Ia mirip seperti kanguru (Marisa Febrilian)

Kalau diperhatikan baik-baik, hewan ini mirip seperti kanguru, lo. Namanya walabi. Wah, apakah mereka saudara kembar?

Hewan Mamalia

Meskipun walabi dan kanguru berasal dari keluarga yang sama, yakni Macropodidae, tetapi mereka bukan saudara kembar, lo. Walabi adalah hewan mamalia yang banyak ditemukan di alam liar kepulauan Aru, Papua. O ya, walabi itu banyak jenisnya, ada sekitar 30 spesies, lo. Ukuran tubuh walabi lebih kecil jika dibandingkan dengan kanguru. Panjang tubuh walabi sekitar 30-180 cm. Sedangkan berat badan walabi antara 2-24 kg. Mereka aktif di siang hari untuk mencari makan. Karena walabi termasuk hewan herbivora, makanan yang dicari berupa rumput ubi, tunas, dan dedaunan.

Punya Kantung

Serupa tapi tak sama, begitulah walabi dan kanguru. Walabi juga punya kantung seperti kanguru. Kantung walabi berfungsi untuk menyimpan bayi walabi. Masa kehamilan walabi betina kira-kira 28 hari hingga 39 hari. Setelah melahirkan, bayi walabi yang disebut joey akan merangkak masuk ke dalam kantung si induk untuk menyusu. Joey akan berada di dalam kantung sang induk selama 2 bulan.

Kecil Tapi Kuat

Walaupun memiliki ukuran tubuh yang kecil, tetapi ekor dan kaki walabi terkenal sangaaat kuat, lo. Keduanya berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh dan membantu walabi ketika duduk. Nah, kaki belakang walabi juga digunakan untuk melakukan lompatan yang jauh. Sst! Selain itu, kaki belakangnya digunakan juga untuk menedang musuh yang menganggu, lo. Wiih keren..

Biasanya, walabi hidup berkelompok dan senang tinggal di dalam hutan atau daerah yang kering.