Berpetualang ke Curug Benowo dan Curug Lawe

By Iveta Rahmalia, Jumat, 28 Juli 2017 | 08:30 WIB
1. Dibandingkan Curug Benowo, Curug Lawe lebih dipadati pengunjung. Itu karena akses jalan menuju Curug Lawe dinilai lebih mudah. Walaupun begitu, keduanya sama-sama indah dan asri. | Iveta R./Majalah Bobo (Iveta Rahmalia)

Mau merasakan serunya berpetualang di dalam hutan sambil menikmati segarnya air terjun? Datanglah ke kaki Gunung Ungaran, Semarang. Di sini ada dua air terjun yang tersembunyi di dalam hutan. Air terjun itu dikenal dengan nama Curug Benowo dan Curug Lawe.

Berjalan Kaki Menelusuri Kaki Gunung

Letak Curug Benowo dan Curug Lawe ada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Jika ingin menikmati keindahan kedua air terjun ini, kita harus berjalan kaki menelusuri kaki Gunung Ungaran yang asri. Tidak perlu takut kelelahan atau kepanasan, karena rasa lelah langsung hilang dengan pemandangan indah dan udara sejuk menuju air terjun.

O ya, meskipun kita berjalan berpetualang memasuki hutan, kita tidak perlu khawatir tersesat, karena disediakan jalan setapak dan petunjuk arah yang jelas menuntun kita. Selama menuju kedua air terjun, kita akan banyak melewati sungai-sungai jernih nan sejuk yang mengalir dari atas gunung.

Curug Benowo

Curug dalam bahasa Jawa berarti “air terjun”, sama seperti dalam bahasa Sunda. Air di Curug Benowo turun dari sebuah tebing setinggi kurang lebih 30 meter. Karena tinggi, Curug Benowo sudah terlihat dari kejauhan. Suara percikan airnya pun sudah terdengar.

Percikan air terjun yang jatuh mengenai badan amat sejuk dan menyegarkan. Jalan menuju air terjun ini memang agak terjal, karena itu, di sini tidak begitu dipenuhi wisatawan.

 O ya, walaupun agak terjal, jalannya tetap aman dilalui, lo. Asalkan kita bersama dewasa.

Curug Lawe

Setelah menikmati kesegaran Curug Benowo, waktunya berpindah ke Curug Lawe. Dinamakan Curug Lawe, karena jumlah air terjun yang ada, dari yang besar hingga yang terkecil, berjumlah 25 buah. 25 dalam bahasa jawa berarti selawe.

Jarak dari Curug Benowo ke Curug Lawe cukup jauh, kita masih perlu naik-turun menelusuri jalan untuk sampai ke sana. Selama perjalanan, kita akan mendengar banyak suara lutung yang masih berkeliaran bebas di sini. Jalan menuju Curug Lawe lebih mudah dibandingkan dengan Curug Benowo.

Siapa yang mau merasakan segarnya air terjun ini?