Inilah 4 Hewan Cerdas di Muka Bumi

By Eka Kartika, Senin, 31 Juli 2017 | 09:10 WIB
Hewan - hewan cerdas, Foto: Dari Berbagai Sumber (Eka Kartika)

Hewan-hewan ini memiliki kecerdasan serta ingatan yang tajam. Bahkan, kekuatan ingatan mereka dapat mengalahkan manusia.

Gajah

Gajah memiliki daya ingat yang luar biasa. Mereka tidak pernah tersesat dan panik, jka ada keluarganya yang hilang. Sebab, hewan bertubuh besar dan bertelinga lebar ini akan mencari jalan dan anggota keluarganya dengan ingatan dan penciumannya.

Simpanse  

Simpanse juga dikenal sebagai hewan yang cerdas. Hewan yang menyerupai manusia purba ini, dapat dengan cepat beradaptasi dan melakukan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia.

Menurut penelitian di Universitas Kyoto, simpanse dapat menghafal nomor lebih cepat dan akurat dibandingkan manusia. Kecepatan simpanse menghafal semua nomor dengan cepat dan instan itu, dikenal sebagai memori fotografi.

Gagak

Burung gagak dianggap paling cerdas jika dibandingkan dengan burung lainnya. Tingkat kepandaian gagak, terlihat pada aktifitasnya menemukan makanan dan menghindari predator.

Hewan yang selalu dihubungkan dengan hal mistis ini, mempunyai keistimewaan lain. Yaitu, pandai menghitung, membedakan bentuk, serta menggunakan berbagai alat.

Gurita

Gurita merupakan hewan yang mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi. Salah satu contohnya adalah gurita raksasa Pasifik Utara. Hewan ini termasuk ke dalam kelas Moluska dan  keluarga Cephalopoda.

Gurita ini mampu melakukan penyamaran, untuk menghindari hewan pemangsa. Gurita raksasa Pasifik Utara ini juga pandai memecahkan masalah dan teka-teki, lo.