Batu-Batu Indah di Toboali

By willa widiana, Kamis, 3 Agustus 2017 | 08:30 WIB
Anak-anak penduduk di sekitar objek wisata Batu Belimbing. (willa widiana)

Ternyata, batu bisa memperindah sebuah tempat, lo. Contohnya batu-batu yang ada di Toboali, Bangka Selatan ini!

Batu Belimbing

Batu berbentuk belimbing ini terletak di Kampung Lalang, Tanjung Ketapang, Toboali, Bangka Selatan. Dari pusat kota Toboali, kita hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit menggunakan motor atau mobil.

Batu belimbing merupakan batu granit yang terbentuk karena pembekuan magma ratusan tahun lalu. Batu ini agak berbeda, karena bagian pinggirnya memiliki motif bergerigi yang disebabkan oleh tetesan air selama bertahun-tahun.

Pantai Batu Perahu

Di dekat Batu Belimbing ada Pantai Batu Perahu. Pantai ini memiliki pasir putih dan batu granit berbagai ukuran. Nah, batu-batu itulah yang membuat pantai ini semakin indah. O iya, di pantai ini juga ada dermaga kecil yang dipenuhi perahu nelayan. Pada sore hari, banyak orang yang berkunjung ke dermaga untuk berfoto atau sekadar menikmati matahari terbenam.

Pantai Kapur

Tak jauh dari Pantai Batu Perahu ada Pantai Kapur. Pantai ini punya batu granit yang tak kalah indah, lo. Beberapa batu granitnya cukup datar, sehingga bisa digunakan untuk duduk menikmati matahari terbenam.

Untuk sampai ke tempat ini, kita hanya perlu berjalan kaki menyusuri pantai. Tak sampai lima menit, kita akan sampai di Pantai Kapur. O iya, di dekat pantai ada penjual otak-otak dan kelapa muda. Jadi kalau lapar atau haus, kita bisa langsung memesannya di sana.

Bagaimana Teman-teman? Tertarik untuk mengunjungungi Toboali?

Teks & Foto: Willa