Inilah Kota Paling Dingin di Dunia, Suhunya Bisa Sampai -70 Derajat Celcius!

By Petronela Putri, Rabu, 17 Januari 2018 | 12:31 WIB
Tempat paling dingin di dunia. (Petronela Putri)

Bobo.id - Di Rusia, ada sebuah kota yang suhunya bisa mencapai -70o Celcius, lo! Kota ini dijuluki sebagai kota paling dingin di dunia. Namanya Oymyakon.

Kota Kecil di Rusia

Teman-teman pernah mendengar nama kota Oymyakon sebelumnya? Kota kecil dengan 500 orang penduduk ini terdapat di Rusia,tepatnya 750 meter di atas permukaan laut. Oymyakon dijuluki sebagai kota terdingin di dunia, yang masih dihuni manusia. Suhu sehari-hari di Oymyakon konon mencapai -0o Celcius.

Ketika di tempat lain mengalami musim dingin, maka Oymyakon juga bisa mengalami penurunan suhu. Ketika akhir tahun, suhu di kota Oymyakon biasanya mencapai minus -50o Celcius, bahkan -70o Celcius. Wah, dinginnya!

Bagaimana Kehidupan di Oymyakon?

Kehidupan di kota Oymyakon kurang lebih sama dengan kehidupan di kota-kota kecil pada umumnya. Bedanya, karena suhu yang dingin, mereka banyak mengandalkan kayu bakar dan batubara untuk menghangatkan tubuh.

Warga di kota Oymyakon biasanya mengonsumsi susu sapi dalam keseharian mereka. Makanan sehari-harinya adalah rusa, kuda, ikan, dan sebagainya. Selain itu, penduduk yang tinggal di Oymyakon biasanya berprofesi sebagai pemburu.

Terbiasa dengan Suhu Dingin

Penduduk Oymyakon rata-rata sudah terbiasa dengan suhu dingin yang ada di kota mereka. Bahkan, anak-anak Oymyakon juga bersekolah seperti biasa, sama seperti anak di tempat lain. O iya, di kota Oymyakon hanya ada satu sekolah, Teman-teman. Seluruh anak di kota tersebut bersekolah di sana. Jika suhu sudah semakin turun menjadi lebih dingin biasanya, sekolah akan diliburkan.