Ayo Coba Makanan Khas Bangka

By willa widiana, Kamis, 3 Agustus 2017 | 10:35 WIB
Nugget Kepiting, salah satu makanan khas dari Bangka. (willa widiana)

Bangka merupakan salah satu daerah yang menyimpan banyak timah. Selain timah, daerah ini juga menyimpan banyak makanan khas, lo. Inilah makanan-makanan khas Bangka.

Lempah Kuning

Lempah kuning adalah ikan yang dimasak dengan bumbu kuning. Rasanya pedas dan segar. Beberapa masyarakat biasanya menambahkan potongan nanas ke dalam masakan ini, tetapi sebagian lagi tidak menggunakan nanas sama sekali. O iya, masakah khas Bangka ini akan lebih enak jika dimakan dengan kerupuk dan sayuran, seperti tumis jantung pisang.

Nugget Kepiting

Di Bangka, kepiting cukup mudah untuk didapatkan. Nugget kepiting adalah salah satu olahan khas dari Desa Tukak, Bangka Selatan. Makanan ini terbuat dari daging kepiting, telur kepiting, irisan wortel, dan rempah-rempah. Setelah itu, adonan akan dimasukkan ke dalam cangkang kepiting dan kemudian digoreng.

Mi Koba

Mi Koba adalah makanan khas dari daerah Koba, Bangka Tengah. Hidangan ini berisi mi kuning buatan sendiri dan tauge yang disiram kuah ikan tenggiri. Jika suka rasa pedas dan segar, kamu bisa menambahkan sambal perasan jeruk kunci. O iya, penjual mi koba biasanya menyediakan telur rebus yang bisa digunakan sebagai topping tambahan.

Lakso

Lakso adalah mi yang terbuat dari tepung beras dan sagu, jadi warnanya putih. Ukurannya juga lebih besar, mirip dengan udon dari Jepang. Lakso disajikan dengan kuah kuning yang terbuat dari ikan yang sudah dihaluskan, rempah-rempah, dan santan. Makanan ini biasanya disajikan saat ada acara tertentu.

Foto: Willa & Adriadie