5 Hewan yang Punya Usia Panjang

By willa widiana, Kamis, 3 Agustus 2017 | 11:17 WIB
Kura-kura Raksasa Galapagos (willa widiana)

Setiap makhluk hidup punya batas usia, termasuk hewan. Ada hewan yang hidup beberapa jam saja, seperti lalat dan nyamuk. Ada juga hewan yang punya usia panjang, hingga bisa mencapai usia ratusan tahun. Berikut adalah beberapa hewan yang punya usia panjang!

1. Kura-kura Raksasa Galapagos

Hewan ini bernama latin Chelonoidis nigra ini hidup di Kepulauan Galapagos. Ia punya leher panjang yang sedikit keriput. Usianya bisa mencapai 177 tahun. Sayang, hewan purba ini sudah terancam punah karena perburuan dan datangnya hewan asing ke Pulau Galapagos.

2. Paus Kepala Busur

Paus kepala busur (Balaena mysticetus) merupakan salah satu paus besar yang masih hidup hingga sekarang. Mamalia ini hidup di perairan dingin, seperti laut Arktik. Beberapa orang menyebutnya sebagai paus greenland. O iya, usia paus ini bisa mencapai 200 tahun, lo, Teman-teman.

3. Rockfish

Rockfish adalah salah satu hewan yang tinggal di daerah pasang surut. Tetapi, ada juga beberapa rockfish yang tinggal di kedalaman 3.000 meter. Kebanyakan rockfish hidup hingga 30 – 60 tahun. Tetapi, beberapa jenis rockfish bisa hidup hingga usia 205 tahun.

4. Kerang Ming

Kerang Ming (Arctica islandica) hidup di laut atlantik sebelah utara. Cangkang kerang ming biasanya berwarna hitam dan ukurannya lebih dari 50 mm. Kerang ming bisa hidup hingga 507 tahun. Wow... usia yang sangat panjang, ya, Teman-teman.

5. Cacing Tabung

Cacing tabung (Escarpia laminata) merupakan hewan laut dalam dari Teluk Meksiko. Hewan ini bisa hidup hingga 250 tahun. Menurut para peneliti, ancaman predator di laut dalam lebih sedikit. Jadi, jangan heran kalau cacing tabung yang hidup di laut dalam memiliki usia yang lebih panjang, daripada cacing tabung yang hidup di laut dangkal.

Nah, Teman-teman, itulah 5 hewan yang punya usia panjang. Kalau kamu diberi usia sepanjang itu, hal apa yang akan kamu lakukan?

Foto: Creative Commons