4 Jamur Teraneh di Dunia

By willa widiana, Jumat, 4 Agustus 2017 | 09:30 WIB
Jamur gurita stinkhorn (willa widiana)

Jamur ini berbeda dengan jamur yang biasa kita makan. Bentuknya aneh. Ada yang menyerupai tentakel gurita, ada juga yang mirip dengan lendir. Karena bentuknya aneh, orang-orang pun memasukkan jamur di bawah ini ke dalam jamur teraneh di dunia.

Jamur Gurita Stinkhorn

Jamur ini hidup di dalam tanah dan memakan potongan kayu. Selama di dalam tanah, ia dilindungi cangkang tipis yang bentuknya mirip dengan telur. Setelah matang, cangkangnya akan pecah dan keluarlah tentakel merah dengan bintik lendir berwarna hitam kehijauan.

Lendir hitam kehijauan itu akan mengeluarkan bau busuk yang bisa menarik perhatian lalat. Lendir itu juga mengandung benih-benih jamur. Jadi, saat lalat hinggap di sana, benih jamur akan menempel di kaki lalat dan tumbuh di tempat hinggap lalat berikutnya. O iya, karena bentuknya aneh, beberapa orang memanggilnya jamur jari-jari setan.

Jamur Gigi Berdarah

Jamur ini tidak beracun. Bentuknya juga mirip dengan jamur pada umumnya. Tapi sayang, rasanya pahit, jadi tidak enak untuk dimakan. Selain pahit, jamur ini juga punya bintik merah disekeliling tudungnya. Bintik merah yang mirip tetesan darah itu membuat orang-orang semakin malas untuk memakannya.

O iya, bintik merah yang ada di bagian atas jamur itu mengandung benih jamur dan senyawa antibakteri. Tetapi, sampai saat ini belum ada yang tahu fungsi antibakteri pada jamur tersebut.

Jamur Oranye Cedar-Apel

Jamur ini hidup di batang pohon apel. Bentuknya bulat dan berwarna oranye. Sekilas, ia akan tampak seperti buah jeruk. Saat musim hujan, bola berwarna oranye itu akan mengeluarkan tentakel dengan warna yang sama. Tentakel itu bisa menyusut dan membengkak, tergantung pada curah hujan.

Jamur ini merupakan parasit yang merugikan. Ia akan menyebarkan benihnya lewat angin.  Pohon apel yang ditumbuhi benih jamur ini akan terkena penyakit.

Jamur Lendir

Jamur lendir atau jamur lendir muntahan anjing sebenarnya bukan jamur atau tanaman. Ia adalah amoeba raksasa, ukurannya sama dengan piring makanan berukuran sedang. Jamur lendir muntahan anjing ini bisa bergerak dan muncul di mana saja, termasuk di halaman rumah. Wah... menyeramkan juga, ya, Teman-teman.

Nah, Teman-teman, itulah 4 jamur teraneh di dunia. Apakah kamu pernah menemukan salah satunya?

Foto: nationalgeographic.com.au, Creative Commons