2 Minuman Khas Belitung

By willa widiana, Jumat, 4 Agustus 2017 | 11:35 WIB
Kopi (willa widiana)

Beberapa waktu lalu, Bobo pernah membahas makanan khas Belitung. Di artikel ini, Bobo akan membahas dua minuman khas belitung. Ada minuman apa saja kira-kira?

Kopi

Di Toboali, Bangka Selatan, banyak kedai kopi yang buka sejak pagi hingga malam. Ada dua kopi yang diunggulkan, yakni Kopi O dan Kopi Susu. Kopi di daerah ini cukup unik, karena mencampurkan kopi arabika dengan kopi robusta. Lalu, kopinya juga dimasak dengan arang.

Jika kamu berkunjung ke Toboali, cobalah untuk mampir ke kedai kopi yang ada di sana. Warga lokal suka minum kopi sambil makan kue papan yang manis. Jadi, rasa pahit dari kopi tidak akan terasa. O iya, penjual kopi di sana juga ada yang menyediakan roti bakar dan pisang goreng, lo.

Es Jeruk Kunci

Selain Kopi, masyarakat Bangka juga punya es jeruk kunci yang segar. Sebenarnya, pembuatan es jeruk kunci ini tidak jauh berbeda dengan es jeruk lainnya, yakni jeruk diperas dan ditambah gula. Hanya saja, jeruk yang digunakan adalah jeruk kunci, bukan jeruk peras biasa.

Jeruk kunci adalah jeruk berukuran kecil (ukurannya lebih kecil daropada bola ping pong), kulitnya berwarna hijau dan rasanya sangat masam. Nah, rasa masam itulah yang membuat jeruk kunci dijadikan bahan dasar pembuatan es jeruk. Selain dijadikan es jeruk, buah ini juga sering dijadikan sirup, lo!

Nah, Teman-teman, itulah 2 minuman khas Bangka yang harus kau coba saat berkunjung ke sana!