Ayam Hutan Hijau, Kerabat Ayam yang Bisa Terbang

By Eka Kartika, Selasa, 8 Agustus 2017 | 04:05 WIB
()

Biasanya, ayam hanya berada di tanah dan berjalan dengan santainya. Tapi, ayam yang satu ini unik. Sebab, ia bisa terbang dengan jarak yang cukup jauh, dengan rentang waktu lama. Hmm kira-kira ayam apa, ya? Apakah memang benar seekor ayam, atau kah kerabat ayam?

Ayam Hutan Hijau

Meski dikenal dengan sebutan ayam hutan hijau, sebenarnya, hewan bernama latin Gallus Varius ini, adalah sejenis burung yang termasuk ke dalam kelompok unggas tanah (Phasianidae). Beberapa hewan kelompok unggas tanah, yaitu keluarga ayam, puyuh, dan sempidan.

Ayam hutan hijau adalah hewan asli Indonesia yang hanya tersebar di Jawa, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara. Ayam hutan hijau memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya, di tanah Sunda, ayam hutan hijau di sebut canghegar atau cangehgar. Kalau dalam bahasa Jawa, dikenal dengan ayam alas atau ajem allas. Sedangkan di Madura (Jawa Timur) ayam hutan hijau dikenal dengan tarattah.

Habitat dan Kebiasaan Ayam Hutan Hijau

Ayam hutan hijau amat menyukai daerah terbuka dan memiliki padang rumput, seperti di tepi hutan atau daerah dengan bukit- bukit rendah dekat pantai.

Pagi dan sore hari, ayam hutan hijau biasanya mencari makanan berupa biji-bijian, pucuk rumput, maupun dedaunan. Ayam hutan ini juga gemar berburu hewan kecil, seperti laba-laba, cacing, kodok, dan kadal kecil untuk dimakan.

Nah, ada kebiasaan ayam hutan hijau lainnya yang cukup unik, Teman-teman. Yaitu, membongkar dan mengais kotoran kerbau, sapi, banteng atau hewan herbivora lainnya.

Terbang untuk Menghindari Bahaya

Ayam hutan hijau ini sangat pandai terbang! Ia dapat terbang dengan ketinggian sekitar 7 meter atau lebih. Tak hanya ayam hutan hijau dewasa, seekor anak ayam hutan pun, mampu terbang demi menghindari bahaya yang ada di depannya.