Kenapa Kita Bisa Bau Mulut?

By willa widiana, Senin, 7 Agustus 2017 | 11:19 WIB
Kenapa Kita Bisa Bau Mulut? (willa widiana)

Bau mulut merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup menyebalkan. Saat terkena bau mulut, kita pasti akan minder untuk bicara, menyapa, dan mengobrol dengan teman karena bau yang dikeluarkan oleh mulut kita akan menganggu lawan bicara.

Berbicara soal bau mulut, kira-kira kenapa kita bisa bau mulut, ya? Apakah diantara kamu ada yang tahu?

Ternyata, bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Kebersihan mulut

Penyebab bau mulut yang paling besar adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga. Seperti kita tahu, jutaan bakteri hidup di bawah garis gusi dan di bagian belakang lidah. Bakteri itu bisa bertambah setiap jamnya.

Jika tidak dibersikan secara benar dan teratur, bakteri tersebut akan memakan sisa makanan yang ada di mulut kita. Jika sudah begitu, bakteri yang ada di mulut akan melepaskan gas sulfur volatile. Gas ini bisa menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut tentunya.

Makanan

Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa jenis makanan, seperti bawang, jengkol, petai, dan masih banyak lagi. Supaya tidak bau mulut, hindari makanan tersebut. Tetapi, jika kamu suka makanan tersebut, makanlah secukupnya. Setelah itu, segera gosok gigi dan kumur-kumur.

Penyakit

Penyakit yang serius juga bisa menyebabkan bau mulut, lo, Teman-teman. Menurut para ahli, bau mulut yang disebabkan oleh penyakit akan bertahan lebih lama, daripada bau mulut yang disebabkan oleh makanan atau kuman di mulut. Supaya hal ini tidak terjadi, kita harus rajin berolahraga dan perbanyak konsumsi buah serta sayur.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa hal yang membuat kita bisa bau mulut. Supaya tidak bau mulut, selalu jaga kebersihan mulut dan gigi, ya!

Ilustrasi: Ode