Pohon Salad, Satu Pohon Menghasilkan Buah yang Berbeda Jenis

By Aan Madrus, Selasa, 8 Agustus 2017 | 06:17 WIB
Pohon Salad (Aan Madrus)

Kita tahu, salad adalah makanan yang terbuat dari berbagai macam potongan buah lalu disiram saus. Kalau pohon salad, apa, ya?

Pohon salad adalah sebatang pohon yang menghasilkan bermacam-macam buah. Pohon salad buah adalah hasil kreasi dua kakak beradik, James dan Kerry West dari Australia.

Sejak 20 tahun yang lalu, mereka ingin memiliki sebatang pohon yang menghasilkan aneka buah. Mereka pun melakukan berbagai percobaan. Akhirnya dengan mengokulasi dua atau lebih jaringan tanaman yang berbeda dalam satu pohon, cita-cita mereka tercapai. Mereka memberi nama hasil karyanya pohon salad.

Selain menghasilkan aneka macam buah, pohon salad bisa berbuah sepanjang tahun. Asalkan jaringan tanaman yang diokulasi memiliki musim buah yang berbeda-beda.

Sama seperti tanaman biasa, pohon ini bisa ditanam di tanah terbuka. Bisa juga di dalam pot. Cara merawatnya sama seperti pohon biasa. Tidak rumit.

Sayangnya, tidak semua jenis tanaman bisa digabung dalam satu pohon. Misalnya duren dengan mangga. Atau jeruk dengan apel. Hanya buah yang berasal dari keluarga yang sama yang bisa diokulasi. Contohnya bisa dilihat dari pohon salad buah yang dijual oleh James dan Kerry West sejak tahun 1990. Ada 4 jenis pohon salad.

  1. Pohon salad buah sitrun. Pohon ini berbuah jeruk mandarin, jeruk lemon, dan jeruk nipis.
  2. Pohon salad buah prunus. Pohon ini berbuah peach, apricot, plum, dan peachkot.
  3. Pohon salad  buah apel. Pohon ini berbuah apel merah, apel kuning, dan apel hijau
  4. Pohon salad buah pir. Pohon ini berbuah pir kuning, pir hijau, dan pir rustic

Hmm, kalau James dan Kerry West tahu di negara kita ada aneka macam jenis mangga, jambu, dan rambutan, mungkin ada pohon salad buah mangga, pohon salad buah jambu, dan salad buah rambutan! Atau kita saja yang mencoba mengokulasinya!