Pulau Aldabra yang Penuh dengan Kura-kura Raksasa

By Yomi Hanna, Selasa, 8 Agustus 2017 | 09:30 WIB
Kura-kura raksa di pulau Aldabra (Hanna Vivaldi)

Apakah Teman-teman pernah mendengar cerita tentang Pulau Aldabra? Pulau Aldabra ini adalah pulau yang lokasinya jauh dari mana-mana dan hampir jarang sekali didatangi manusia. Namun pulau ini sudah dikenal oleh bangsa Persia, Arab, dan Portugis sejak berabad-abad yang lalu.

Pulau Aldabra merupakan bagian dari pulau terluar Seychelles. Tempatnya memang sulit dijangkau oleh manusia, karena jauh. Padahal pulau ini memiliki pesona alam yang indah, yang bisa menarik wisatawan untuk datang ke sana.

Pulau yang Penuh dengan Kura-kura

Pulau Aldabra yang merupakan pulau karang terbesar kedua di dunia ini menjadi rumah bagi kura-kura raksasa Aldabra Giant Tortoise (Aldabrachelys gigantea). Dan yang paling menakjubkan adalah kura-kura tersebut hampir memenuhi seluruh pulau. Wow!

Manusia di Pulau Ini Hanya 12 Orang

Meskipun jarang didatangi oleh manusia, bukan berarti di pulau Aldabra tidak ada manusia. Ada 12 orang manusia yang hidup di pulau ini. Mereka hidup di sana untuk memantau lingkungan yang ada dan ditemani 152.000 ekor kura-kura raksasa. Mereka dapat bertahan hidup di sana meskipun jumlah kura-kuranya sangat banyak melebihi jumlah manusianya.

Tidak banyak yang tahu keberadaan pulau Aldabra karena tempatnya yang jauh. Oleh sebab itu, kura-kura di sana masih terjaga habitatnya, tidak rusak akibat ulah manusia.

Ciri-ciri Kura-kura Aldabra

Kura-kura Aldabra mempunyai cangkang keras yang tinggi dan berwarna cokelat kehitaman. Kakinya yang besar dan kekar mampu menopang tubuhnya yang sangat berat. Leher kura-kura Aldabra sangat panjang dan digunakan untuk meraih cabang atau ranting pohon yang tinggi.

Ukuran kura-kura raksasa ini mirip dengan kura-kura Galapagos dengan panjang cangkang hingga 1,5 meter dan beratnya hingga 300 kilogram. Kura-kura jantan ukurannya lebih besar daripada  betina.

Kura-kura ini mempunyai ukuran yang mirip dengan kura-kura galapagos. Kura-kura ini dapat mencapai ukuran karapas hingga 1.5 meter dengan berat hingga 300 kg. Ukuran jantan jauh lebih besar daripada betina.