Taylor Rosenthal, Pengusaha Cilik

By Marisa Febrilian, Rabu, 9 Agustus 2017 | 06:24 WIB
Taylor Rosenthal membuat RedMec gara-gara tugas sekolah (Marisa Febrilian)

Meskipun masih kecil, kemampuannya berwirausaha, tak perlu diragukan, lo. Seperti apa, ya, kisahnya?

Tugas Sekolah

Taylor Rosenthal, seorang pelajar dari Opelika High School, Alabama, Amerika Serikat. Umurnya masih 14 tahun, tetapi kesuksesannya berwirausaha pantas diacungi jempol. Yup! Ide membuat vending machine yang menjual obat-obatan itu, bermula dari tugas sekolahnya. Vending machine itu diberi nama RecMed. Oh, ya, vending machine adalah mesin penjual otomatis. Contohnya, seperti vending machine minuman yang ada di stasiun kereta atau halte Transjakarta.

Menurut Kak Rosenthal, ide dasar membuat RecMed itu muncul karena seringkali melihat banyak orang yang membutuhkan obat ataupun perlengkapan pertolongan pertama di tempat ramai. Seperti di taman bermain atau lapangan olahraga. “No one could find a Band-Aid when someone got hurt,” katanya. (Sulit menemukan plester di tempat-tempat umum, ketika seseorang terluka). Nah, dari sanalah, ide membuat mesin penjual otomatis RecMed muncul.

Serius dan Tekun

Waktu itu, sebuah perusahaan kesehatan ingin membeli ide Kak Rosenthal, tetapi ia menolaknya. Sebab, ia ingin mengembangkan usahanya sendiri. Rupanya benar, karena keseriusannya itu, usaha yang ditekuni, membuahkan hasil. Bahkan, mesin penjual paket P3K otomatis ini, sudah dibeli oleh perusahaan taman bermain di Amerika Serikat. Keren! Tak hanya itu saja, usahanya ini mendapat dukungan dari kedua orangtuanya. Wah hebat, ya!

Meskipun masih muda, tetapi keseriusaannya menekuni sesuatu, perlu kita contoh. Siapa yang ingin menjadi pengusaha seperti Kak Rosenthal?