Meenakshi, Komplek Kuil dengan Ribuan Patung Warna Warni

By willa widiana, Rabu, 9 Agustus 2017 | 08:30 WIB
Salah satu menara yang ada di Komplek Kuil Meenakshi. (willa widiana)

Komplek kuil ini memiliki 14 menara. Setiap menara dihiasi oleh patung dewa, iblis, dan hewan yang dicat warna-warni. Menurut beberapa orang, Komplek Kuil Meenakshi ini sama pentingnya dengan Taj Mahal.

Kota Madurai

Komplek kuil ini berada di Mandurai. Itu adalah kota kuno yang ada di India Selatan. Komplek kuil ini dikeliling oleh pagar setinggi 6 meter. Setiap hari ada 150.000 orang yang datang ke tempat ini untuk melakukan ziarah dan berdoa.

Dewi Meenakshi

Kuil ini dibangun untuk Dewi Meenakshi. Beliau adalah reinkarnasi dari Dewi Parvati (salah satu dewi dalam agama Hindu). O iya, di India, kuil yang dibangun untuk dewi sangat sedikit. Kebanyakan kuil dibangun untuk para dewa.

Abad ke-16

Sebenarnya, bangunan ini sudah ada sejak 600 SM. Tetapi, pada abad ke-14, bangunan ini sempat dihancurkan. Pada abad ke-16, kuil ini dibangun kembali oleh Viswanatha Nayakar. Beliau adalah raja muda yang menguasai Madurai pada abad ke-16.

33.000 Patung

Komplek Kuil Meenakshi memiliki 14 menara dengan tinggi yang berbeda-beda. Menara paling tinggi berukuran 51 meter. Setiap menara dihiasi patung dewa, iblis, dan hewan yang dicat warna-warni. Menurut perkiraan, patung yang menghiasi 14 menara itu mencapai 33.000 buah. Patung-patung itu akan dicat ulang setiap 12 tahun sekali.

O iya, Bobo hampir lupa, komplek kuil ini memiliki 4 pintu masuk yang menghadap ke 4 arah mata angin. Selain itu, komplek ini juga memiliki aula seribu pilar. Setiap pilar yang ada di aula ini memiliki ukiran yang cukup rumit.

Foto: Creative Commons