5 Hewan Kecil yang Berguna Bagi Rumah

By willa widiana, Kamis, 28 September 2017 | 07:05 WIB
5 Hewan Kecil yang Berguna Bagi Rumah (willa widiana)

Setiap orang pasti ingin punya rumah yang bersih dari hewan kecil, seperti kutu dan kecoa. Bicara soal hewan kecil, ada 5 hewan kecil yang berguna bagi rumah kita, lo! Apa saja, ya?

1. Laba-laba

Rumah yang penuh dengan laba-laba terkesan kotor dan jorok. Tapi, dibalik itu semua, laba-laba bisa membantu kita mengurangi hama yang ada di dalam rumah. Jumlah kecoa, kutu, dan lalat akan berkurang dengan adanya laba-laba.

2. Belalang sembah

Ulat merupakan salah satu masalah besar bagi tanaman yang ada di halaman belakang. Tapi, kamu jangan khawatir! Jumlah ulat di halaman belakang bisa dikendalikan oleh belalang sembah. Seperti kita tahu, ulat merupakan salah satu makanan belalang sembah.

3. Semut

Semut juga bisa menahan jumlah ulat, lo. Berkat semut, buah dan sayur yang rusak karena ulat bisa berkurang. Tak hanya menahan jumlah ulat, semut juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berserakan di rumah dan halaman kita.

4. Cacing

Hewan lunak ini memang terlihat menjijikan. Tapi, cacing bisa membantu menyuburkan tanah! Tanah yang subuh adalah tempat terbaik bagi tumbuhan. Selain menyuburkan tanah, cacing juga menjadi salah satu sumber makanan bagi semut dan burung yang ada di sekitar rumah.

5. Lalat

Lalat merupakan serangga yang terkenal jorok. Tapi, dibalik kejorokannya itu, lalat telah berjasa dalam menguraikan kotoran dan bangkai yang ada di sekitar kita. Selain itu, lalat juga bisa menjadi sumber makanan bagi beberapa serangga yang ada di sekitar rumah kita.

Keberadaan lalat memang cukup penting, tapi jangan biarkan lalat masuk ke dalam rumah dan hingga di makanan, ya! Bisa-bisa terkena diare.

Itulah 5 hewan kecil yang berguna bagi rumah. Jika kamu melihat hewan-hewan itu, jangan langsung menyemprotkan cairan pembasmi serangga, ya, Teman-teman!

Foto: Creative Commons, pixabay