5 Fakta Kemerdekaan Republik Indonesia

By Iveta Rahmalia, Kamis, 17 Agustus 2017 | 04:15 WIB
5 fakta seru kemerdekaan Republik Indonesia. (Iveta Rahmalia)

Horeee… Tanggal  17 Agustus ini, Republik Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-72! Selain ada lomba seru saat tujuhbelasan, ada juga fakta seru kemerdekaan Republik Indonesia, lo! Ini dia 5 di antaranya.

Baca Juga: Yuk, Ikut Lomba Bobo 17-an!

Lima fakta kemerdekaan Republik Indonesia ini mungkin belum Teman-teman ketahui sebelumnya:

  1. Salah satu syarat negara yang merdeka adalah kemerdekaannya diakui oleh negara lain. Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia adalah Mesir.
  2. Pesan proklamasi kemerdekaan pada waktu itu disampaikan melalui radio. Pak Jusuf Ronodipuro adalah salah satu tokoh yang menyebarkan pesan proklamasi melalui radio Jepang, Hoso Kyoku.
  3. Upacara Proklamasi Kemerdekaan pada waktu itu dibuat dengan sangat sederhana, tanpa protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor, dan tak ada pancaragam.
  4. Bendera Merah Putih dibuat berdasarkan bendera Majapahit pada abad ke-13, yang terdiri dari sembilan garis berwarna merah dan putih tersusun secara bergantian.
  5. Bendera merah putih yang digunakan saat proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, saat ini disimpan di Monas. Sebelumnya, bendera ini disimpan di Istana Negara.

Bagaimana, Teman-teman? Sekarang jadi lebih tahu tentang sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, kan? Ayo, siap-siap ikut lomba tujuhbelasan!