Perbedaan Anjing Laut dan Singa Laut

By Iveta Rahmalia, Minggu, 13 Agustus 2017 | 09:50 WIB
Singa laut australia. (Iveta Rahmalia)

Anjing laut dan singa laut sama-sama suka berenang.Bentuknya pun mirip sekali. Karena begitu mirip, kadang-kadang kita bisa tertukar. Nah, kita cari tahu, yuk, perbedaan anjing laut dan singa laut!

Daun Telinga

Perbedaan yang pertama ada di sekitar kepala, yaitu daun telinga. Anjing laut dan singa laut memiliki daun telinga yang berbeda. Anjing laut memiliki telinga di kedua sisi kepalanya, tapi tidak memiliki daun telinga. Sedangkan singa laut memiliki daun telinga yang bentuknya memanjang.

Sirip

Anjing laut memiliki sirip depan yang pendek, bercakar, dan berbulu. Anjing laut tidak bisa menekukkan sirip belakangnya ke depan. Sedangkan, singa laut memiliki sirip depan yang panjang, berkuku pendek, dan tidak berbulu. Singa laut bisa menekukkan sirip belakangnya ke depan.

Cara Berenang

Ketika berenang, anjing laut menggunakan sirip belakang sebagai alat untuk berenang, sementara sirip depannya di gunakan sebagai alat kemudi untuk mengarahkan tujuannya.  Waktu berenang anjing laut terlihat meliuk-liukan tubuhnya.

Nah, kalau singa laut menggunakan sirip depan sebagai alat untuk berenang, sedangkan sirip belakang di gunakan sebagai alat kemudi. Cara berenangnya itu berkebalikan dengan cara berenang anjing laut. singa laut lebih banyak mengunakan siripnya dari pada meliuk-liukan tubuhnya seperti anjing laut.

Cara Berdiri

Perbedaan anjing laut dan singa laut berikutnya ada di cara berdiri. Anjing laut memang pandai berenang, tapi ia tidak bisa berdiri di darat. Anjing laut lebih memilih berbaring jika berada di darat. Berbeda dari anjing laut, singa laut bisa berdiri di darat menggunakan sirip depannya. Ketika di darat, sirip belakang singa laut bisa ditekuk ke depan seperti kaki hewan darat untuk berjalan. Singa laut bisa menegakkan tubuhnya sambil berjalan, lo!

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu apa perbedaan anjing laut dan singa laut, kan?