Kohaku, Koi Merah Putih

By YANTI, Jumat, 11 Agustus 2017 | 07:45 WIB
Koi Merah Putih (YANTI)

Kalau dilihat sekilas, ikan koi itu mirip coraknya. Hmm, tunggu dulu! Coba perhatikan lebih teliti. Wow, ternyata corak koi itu berbeda-beda. Nah, kohaku ini adalah koi merah putih. Yup, di tubuhnya hanya terdiri dari warna merah dan putih saja. Hmm, tapi kohaku sendiri, terdiri dari beberapa macam pola, lo.

Beberapa pola merah di tubuh kohaku ini membuat nilai jual kohaku berbeda-beda. Semakin bagus penampilannya, maka harganya akan semakin mahal. Ada, lo, kohaku yang tidak memiliki warna merah di kepalanya. Kohaku ini disebut “bozu”. Jenis ini biasanya kurang digemari, karena dirasa kurang indah. Ada juga tipe “menkaburi”. Padahal kepala kohaku tipe ini dipenuhi warna merah. Bahkan sampai ke mata dan mulut.  Ada juga “zukinkabaru”, yaitu sebagian kepala berwarna merah dan “kuchibeni” yang ini kohaku berbibir merah.

Kohaku yang bernilai tinggi, adalah kohaku yang warna putihnya sangat putih. Bukan putih yang kekuningan. Warna merahnya juga harus tajam. Oiya, sirip kohaku juga harus putih bersih.

Ingin memeliharanya? Perhatikan cara perawatannya, ya. Yang pertama, koi suka tinggal di tempat yang luas. Jadi, kolam adalah tempat yang cocok untuk koi, bukan akuarium. Kedalaman kolamnya sekitar 80 cm. Usahakan koi tidak terlalu terkena sinar matahari, karena warnanya bisa pudar. Selain itu arinya juga harus disaring supaya bersih. Yang terakhir tentu saja, harus diberi makanan yang bergizi dengan teratur, ya.