Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

By Sylvana Toemon, Jumat, 11 Agustus 2017 | 10:00 WIB
Harteknas 2017 (Sylvana Toemon)

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Tahun 2017 ini perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Mengapa ada peringatan hari ini? Bagaimana sejarahnya? Yuk, kita cari tahu.

Tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia

 Hari KebangkitanTeknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1995  berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995.  Hari itu adalah tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca di Bandung. Pesawat N-250 adalah pesawat hasil rakitan bangsa kita sendiri di bawah prakarsa Bapak BJ Habibie.

Teknologi memberi pengaruh pada kehidupan kita

Teknologi memberi pengaruh besar pada kehidupan kita. Kehidupan kita menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi terbaru. Misalnya saja teknologi komunikasi. Saat kakek dan nenek kita masih muda, komunikasi dengan teman di kota lain hanya dapat dilakukan dengan surat. Saat ini, kita dapat berkomunikasi dengan teman dari kota lain dengan menggunakan gawai. Kita tidak hanya dapat mengirim tulisan. Gambar dan video pun dapat dikirimkan dengan waktu hanya beberapa detik.

Menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia

Harteknas bertujuan untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi. Peringatan ini juga untuk memberi dorongan agar kita dapat terus mengembangkan inovasi yang berguna bagi bangsa kita bahkan mungkin untuk seluruh dunia. Tema Harteknas tahun 2017 ini adalah Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan.

Apakah kamu memiliki ide pengembangan teknologi terbaru?