17 Agustusan di Negeri Orang

By Marisa Febrilian, Kamis, 17 Agustus 2017 | 10:23 WIB
Lomba makan kerupuk di Chicago (Marisa Febrilian)

Saat HUT RI tiba, biasanya selalu ada kegiatan upacara kibar bendera, lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, atau apa lagi, ya? Mm... Tetapi bagaimana dengan teman-teman kita di luar negeri, ya? Apakah mereka merayakan juga?

Pengumuman Undangan

Sebelum merayakan perayaan ‘tujuh-belasan’, teman-teman kita yang berada di luar negeri biasanya mendapat undangan resmi terlebih dahulu dari Kedutaan Besar Indonesia di masing-masing negera. Seperti di Chicago, Amerika Serikat dan Bern, Swiss. Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sana, secara otomatis diundang untuk merayakan perayaan ‘tujuh-belasan’ bersama. Ada undangan yang dikirim melalui surat, ada juga yang disebar melalui jejaring sosial, seperti Facebook. O ya, perayaan HUT RI biasanya dilaksanakan di wisma Kedutaan atau wisma Konsulat Indonesia di masing-masing negara.

Serangkaian Acara

Hampir sama seperti di tanah air, perayaan ‘tujuh-belasan’ di luar negeri juga diramaikan dengan berbagai perlombaan menarik. O ya, perlombaan itu ada yang diadakan sebulan sebelumnya, lo. Seperti di Tokyo (Jepang), New Jersey, Chicago, dan Connecticut. Di sana ada lomba main kartu, memancing ikan, lomba tarik tambang, balap karung, makan kerupuk, dan membawa kelereng dengan sendok sampai lomba sepeda santai. Sedangkan di Bern (Swiss) ada lomba pemilihan Ratu Kemerdekaan, lo.

Waaaah lucu! Ternyata di sana juga ada keseruan yang mirip dengan di Indonesia, ya. Nah setelah itu, barulah upacara kibar bendera dilaksanakan. Tidak hanya WNI saja yang datang, anggota keluarga yang merupakan orang asing juga boleh ikut menghadiri. Di akhir acara, semua yang datang disuguhi makanan asli Indonesia. Ditambah lagi dengan dengan hiburan musik. Sstt, di sana musik dangdut jadi favorit, lo.

Keseruan Berbeda

Sayangnya, tak semua teman-teman di luar negeri bisa merayakan perayaan ‘tujuh-belasan’. Di Korea, sudah beberapa tahun ini tidak ada kegiatan merayakan kemerdekaan RI. Begitu juga dengan teman-teman yang berada di Bern (Swiss), katanya, mereka lebih senang merayakan HUT RI di Indonesia. Eits, tapi ada, lo, teman-teman dari Connecticut yang justru merasa lebih meraih merayakan ‘tujuh-belasan’ di negaranya. Wow! Sangaat beragam, ya keseruan di sana!

Nah, meskipun tidak bisa merayakan ulang tahun kemerdekaan di Tanah Air, tapi semangat persatuan harus tetap terjaga, ya.

Foto : dok KBRI Bern, KJRI Chicago.