Candi Prambanan, Tempat Wisata Berlegenda (2)

By willa widiana, Senin, 14 Agustus 2017 | 04:30 WIB
Candi Prambanan, Tempat Wisata Berlegenda 2 (willa widiana)

Selain Gunung Tangkuban Parahu, Indonesia masih punya tempat wisata berlegenda yang lain, seperti Candi Prambanan. Kira-kira, seperti apakah legenda yang berkaitan dengan objek wisata bersejarah itu?

Sejak tahun 1991, Candi Prambanan dijadikan sebagai Situs warisan Dunia oleh UNESCO. Candi setinggi 47 meter ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, dan Kecamatan Surakarta, Jawa Tengah.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu. Jadi, candi ini dipersembahkan untuk Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Ketiga dewa itu adalah Trimurti, tiga dewa utama Hindu.

Meski ditetapkan sebagai candi Hindu, orang sekitar juga menyebut tempat ini dengan sebutan Candi Loro Jonggrang, karena ada sebuah legenda yang berkaitan dengan tempat ini.

Legenda yang berkaitan dengan Candi Prambanan ini adalah Kisah Rara Jongrang dan Bandung Bondowoso. Konon, Rara Jongrang meminta Bandung Bondowoso untuk membuat 1.000 arca dalam waktu semalam.

Akan tetapi, Rara Jongrang meminta bantuan warga untuk menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Padahal, ia telah membuat 999 arca kala itu. Karena merasa tertipu, Bandung Bondowoso pun mengutuk Rara Jongrang menjadi arca yang ke-1.000.

Itulah legenda yang berkaitan dengan Candi Prambanan. O iya, Indonesia masih punya tempat wisata berlegenda lainnya, lo. Pembahasannya ada di artikel berikutnya!

Foto: Creative Commons