Pantai Air Manis, Tempat Wisata Berlegenda (3)

By willa widiana, Senin, 14 Agustus 2017 | 04:45 WIB
Pantai Air Manis, Tempat Wisata Berlegenda 3 (willa widiana)

Selain Candi Prambanan, Indonesia masih punya tempat wisata berlegenda yang lain, seperti Pantai Air Manis. Kira-kira, seperti apakah legenda yang berkaitan dengan objek wisata itu?

Jika suka dengan suasana pantai dan sedang mencari ombak untuk berselancar, cobalah datang ke Pantai Air Manis atau Pantai Malin Kundang. Objek wisata ini terletak di Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Di pantai ini ada Pulau Pisang. Jika air pantainya sedang surut, kita bisa berjalan kaki menuju pulau kecil itu. Tapi, kita tidak bisa berlama-lama di sana, karena beberapa jam kemudian airnya akan pasang kembali.

O iya, pantai Air Manis ini merupakan pantai tempat Malin Kundang dikutuk oleh ibunya. Itulah sebabnya pantai ini juga disebut dengan Pantai Malin Kundang.

Konon, Malin Kundang merupakan seorang anak yang pergi merantau. Saat sudah sukses, ia kembali ke kampungnya dengan membawa sebuah kapal. Tapi sayang, ia tidak mengakui ibunya sendiri. Akhirnya, ibunya mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

Konon batu yang mirip orang bersujud itu adalah Malin Kundang. Lalu, batu-batu besar di sekitarnya adalah sisa dari pecahan kapal yang digunakan Malin Kundang kala itu.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa tempat wisata berlegenda yang ada di Indonesia. Jika kamu tahu tempat wisata lain yang memiliki legenda, jangan lupa untuk beri tahu, Bobo, ya!

Foto: Creative Commons