6 Cara Merayakan Hari Kemerdekaan

By Aan Madrus, Kamis, 17 Agustus 2017 | 09:15 WIB
Memasang Bendera (Aan Madrus)

Setiap tanggal 17 Agustus, kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memeriahkan hari istimewa itu. 6 di antaranya ada di sini.

Memasang Bendera

Sejak memasuki bulan Agustus kita sudah bisa memasang bendera di rumah. Dianjurkan bendera itu terus berkibar selama bulan Agustus. Selain bendera, hiasan berwarna merah-putih juga ikut menghiasi lingkungan kita. Seperti umbul-umbul, balon, rangkaian botol plastik, dan lain-lain.

Gapura adalah pintu gerbang menuju sebuah tempat atau bangunan. Gapura itu ada yang terbuat dari bambu, besi, atau triplek.  Selain dihiasi bendera merah putih, ada juga gapura yang diberi hiasan gambar dan patung. Misalnya gambar pejuang dan sebagainya. Wuih, cantik-cantik, ya, gapuranya.

Tepat pada tanggal 17 Agustus kita mengikuti upacara bendera. Anak sekolah biasanya mengikuti upacara bendera di sekolah. Sementara para orang tua bisa mengikuti upacara di kantornya atau di lingkungannya.

Karnaval adalah pawai yang pesertanya menunjukkan hal-hal yang menarik. Misalnya karnaval baju daerah atau baju profesi, karnaval sepeda hias, atau karnaval bunga. Karnaval untuk memeriahkah hari kemerdekaan diselenggarakan mulai dari tingkat RW sampai tingkat nasional.

Karnaval tingkat RW biasanya karnaval sepeda hias dan karnaval baju daerah/ profesi. Ada yang berpakaian baju adat, pejuang kemerdekaan, astronot, polisi, atau perawat.

Perlombaan membuat perayaan hari kemerdekaan makin semarak. Lombanya macam-macam. Ada lomba makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, lomba lari sambil membawa kelereng, panjat pinang, dan sebagainya. Dalam lomba ini kemenangan bukan tujuan utama, melainkan kemeriahan dan kebersamaan.

Panggung Pertunjukan

Boleh dikatakan, inilah puncak perayaan hari kemerdekaan. Di sinilah teman-teman yang sudah latihan menari, menyanyi, membaca puisi, dan bermain drama, menunjukkan kebolehannya. Dalam acara ini juga, pemenang lomba mendapat hadiah.

ilutrasi: dok. Bobo