Paus Kepala Kotak Tidur Sambil 'Berdiri’

By willa widiana, Selasa, 15 Agustus 2017 | 05:30 WIB
Paus kepala kotak tidur sambil 'berdiri'. (willa widiana)

Paus kepala kotak (Physeter macrocephalus) merupakan mamalia laut yang berukuran raksasa. Panjang tubuh paus kepala kotak jantan bisa mencapai 16 meter, sedangkan betinanya berukuran lebih kecil.  Bicara soal paus kepala kotak, Teman-teman sudah tahu belum kalau paus ini tidur siang sambil ‘berdiri’?

Tidur Siang

Sama seperti manusia, paus kepala kotak juga suka tidur siang. Waktu tidur siang mereka hanya 10 sampai 15 menit. Paus kepala kotak tidur dalam posisi vertikal (ekor di bawah dan kepala di atas). Gaya tidur paus kepala kotak ini sangat berbeda dengan lumba-lumba yang tidur sambil tetap berenang.

Tidak Bernapas

Para peneliti sudah mengetahui kebiasaan unik paus kepala kotak ini sejak 2008. Selain tidur dengan posisi ‘berdiri’, para peneliti juga menyebutkan bahwa para paus tidak bergerak dan tidak bernapas selama tidur siang. Wow... mereka benar-benar kuat menahan napas, ya!

O iya, pada bulan Januari 2017, seorang fotografer bawah laut menemukan enam ekor paus kepala kotak yang tidur dalam posisi tegak di pantai Dominika. Menurut fotografer tersebut, paus-paus itu tidur di kedalaman 20 meter.

Terbangun

Saat tidur siang, paus kepala kotak benar-benar tenang. Mereka juga tidak terbangun saat ada seorang peneliti yang berusaha mendekatinya. Tetapi, mereka bisa bangun tiba-tiba dan berenang dengan cepat, jika ada sesuatu yang mereka anggap berbahaya.

Wah... tak disangka, ya, kalau paus kepala kotak tidur sambil ‘berdiri’.

Sumber & Foto: livescience