Rahasia Bambu Runcing, Senjata Pejuang Tanah Air

By Eka Kartika, Rabu, 16 Agustus 2017 | 04:45 WIB
Rahasia Bambu Runcing, Senjata Pejuang Tanah Air. (Eka Kartika)

Bambu runcing, siapa yang tak kenal dengan benda penuh sejarah satu ini. Bambu runcing merupakan salah satu senjata perang melawan penjajah dan merebut kemerdekaan. Sstt... ada beberapa rahasia bambu runcing yang patut Teman-teman ketahui, nih.

Punya Kelebihan di Antara Senjata Modern

Walaupun merupakan senjata tradisional, bambu runcing memiliki kelebihan dibandingkan senjata modern lainnya, lo.  

Beberapa kelebihan itu di antaranya adalah bambu tak bisa dideteksi oleh metal detector. Karena itu, ketika mendekati musuh, keberadaan bambu runcing tak akan terdeteksi. Selain itu, bambu runcing juga sangat ringan dan tidak memiliki bunyi.

Bayangkan ketika pejuang kita mempergunakan senjata api. Bunyinya saja bisa menarik perhatian dan mengundang pasukan musuh untuk menuju ke sumber suara.

Senjata yang Ditakuti Belanda dan Jepang

Sebenarnya, bambu runcing bukanlah senjata yang dapat langsung melumpuhkan musuh. Meski demikian, ternyata pasukan Belanda menyimpan rasa ketakutan tersendiri apabila berhadapan dengan pasukan bambu runcing.

Itu karena, seorang musuh yang terkena tusukan bambu runcing tak akan langsung gugur begitu saja. Sebelumnya, ia akan merasakan kesakitan yang luar biasa akibat luka. Apalagi jika pada bagian ujung bambu runcing itu sengaja dioles dengan racun. 

Nah, kalau pada masa penjajahan Jepang, senjata bambu runcing ternyata tidak hanya digunakan oleh rakyat biasa untuk melawan tentara Jepang. Sebab, sebagian besar Badan Keamanan Rakyat (BKR) juga menggunakan bambu runcing.

Yap, bambu runcing memang merupakan senjata tradisional yang akan selalu dikenang oleh Bangsa Indonesia. Kini, bambu runcing dijadikan sebagai lambang keberanian serta pengorbanan dalam meraih kemerdekaan.