5 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Otak

By willa widiana, Jumat, 1 Desember 2017 | 11:20 WIB
5 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Otak (willa widiana)

Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting. Otak berperan sebagai monitor utama tubuh kita. Jika otak terganggu, tubuh kita yang lain pun bisa terganggu. Agar hal itu tidak terjadi, kita harus menghindari 5 kebiasaan yang bisa mengganggu otak ini.

Tidak Sarapan

Beberapa orang sering menyepelekan sarapan. Padahal, sarapan bergizi itu sangat penting bagi tubuh dan otak kita. Jika kita tidak sarapan, tubuh akan lemas dan otak akan sulit konsentrasi. Jika sudah begitu, aktivitas kita pun akan terganggu. Jadi, mulai sekarang, jangan lupa untuk sarapan, ya!

Makan Berlebih

Beberapa orang biasanya melewatkan sarapan dan makan berlebih di siang hari. Padahal, kebiasaan itu tidak baik, karena bisa menyebabkan kegemukan dan mengundang berbagai penyakit. Kebiasaan makan berlebih juga bisa membuat otak tidak bekerja dengan baik.

Telat Tidur

Otak kita juga perlu istirahat, lo. Dalam sehari, otak perlu beristirahat sebanyak 6-7 jam. Selama masa istirahat itu, otak akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jika kita selalu tidur telat, otak tidak memiliki waktu isitirahat yang cukup. Jika sudah begitu, sel tubuh yang rusak pun tidak bisa diperbaiki dengan maksimal.

Banyak Mengonsumsi Gula

Ternyata, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman bergula tinggi bisa membuat otak kita terganggu, lo. Menurut penelitian, gula yang berlebihan  bisa memengaruhi proses berpikir dan emosi seseorang. Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebihan juga bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

Kurang Minum

Dalam sehari, kita dianjurkan untuk minum 8 gelas air putih. Air yang kita konsumsi itu berguna sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Jadi, jangan lupa minum air putih yang cukup, ya. Jika kurangan minum, kita bisa terkena dehidrasi. Seperti kita tahu, dehidrasi itu bisa menganggu konsentrasi dan fungsi otak.

Nah, Teman-teman, itulah 5 kebiasaan yang bisa menganggu otak. Mulai sekarang, hindarilah kebiasaan-kebiasaan itu. Selain menjaga otak, kita juga harus menjaga tubuh, karena tubuh merupakan hadiah lain dari Tuhan yang sangat istimewa. Salah satu cara untuk menjaga tubuh adalah melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Ilustrasi: Ode