Kota Casablanca yang Memukau dan Unik

By Marisa Febrilian, Rabu, 16 Agustus 2017 | 09:45 WIB
Masjid II Hasan Casablanca salah satu ikon di kota Casablanca (Marisa Febrilian)

Pernah mendengar nama kota ini sebelumnya? Yup, Casablanca menyimpan keindahan yang tiada duanya, lo.

Bangunan Art Deco

Yap! Kota Casablanca. Kota ini termasuk kota terbesar dan menjadi pelabuhan terpenting di Maroko. Bahkan, kota Casablanca ini merupakan pusat perekonomian dan budaya, lo. Sst, saat melihat kota ini lebih dekat lagi, kita akan melihat banyak sekali pemandangan bangunan bergaya art deco. Bagunan art deco adalah bagunan yang muncul pada zaman Perang Dunia I dan berakhir pada Perang Dunia II. Bangunan yang bergaya seperti ini, biasanya lebih didominasi dengan bentuk geometri di setiap sudutnya.

Masjid di Atas Bebatuan

Nah ini dia, bangunan yang menjadi salah satu ikon kota Casablanca. Masjid Hassan II Casablanca. Bangunan ini berdiri di tanah yang berbatu dan di atas laut, lo. O ya, masjid megah ini merupakan ikon dari kota Casablanca. Konstruksi masjid ini dibangun pada tahun 1980 dan selesai tahun 1993. Wow! Cukup lama, ya! Itu karena, pembangunan masjid ini berada di atas tanah yang berbatu, makanya proses pembuatannya memakan waktu yang lumayan lama.

Angkutan Umum

Kalau mengunjungi tempat ini, jangan lupa mencoba naik Petit Taksi, ya. Hi..hi..hi.. namanya terdengar lucu, bukan? Kendaraan umum di negeri Maroko ini, dibedakan berdasarkan warnanya. Misalnya petit taksi warna merah untuk kota Casablanca, warna biru untuk kota Rabat, dan warna krem untuk kota Marrakesh. Sst, naik petit taksi bisa pakai tiga argo sekaligus, lo. Wah... kok bisa, ya? Jadi, kalau kita naik petit taksi seorang diri, kita boleh saja mengajak orang lain untuk naik bersama kita. Nanti, supir petit taksi itu akan memberikan argo sesuai dengan urutan penumpang yang naik terlebih dahulu. Hi..hi..hi.. Lucu ya?

Whuiiih.. ternyata benar, ya, mulai dari bagunan sampai kendaraan umum di kota Casablanca menyimpan keunikan. Mm.. siapa yang mau berkunjung ke kota ini?