Nautilus, Fosil Hidup yang Punya 30 Kamar di Cangkangnya

By willa widiana, Rabu, 16 Agustus 2017 | 11:45 WIB
Kamar – Kamar Nautilus (willa widiana)

Kamar-kamar nautilus bukan kamar biasa. Mau tahu seperti apa? Masuk, yuk, ke kamar nautilus.

Fosil Hidup

Nautilus termasuk keluarga cephalopoda. Ia bersaudara dengan cumi-cumi, sotong, dan gurita. Nenek moyang nautilus hidup sekitar 500 juta tahun lalu. Bentuk nautilus sampai sekarang tidfak berubah. Makanya hewan ini disebut fosil hidup.

30 Kamar

Nautilus berbeda dari hewan chepalopoda lainnya. Cangkangnya seperti rumah yang memiliki kamar-kamar. Kamar-kamar itu berbentuk uliran atau lengkungan di bagian dalam cangkangnya. Sewaktu nautilus masih kecil, cangkangnya punya sekitar 4 kamar. Begitu dewasa, kamar di cangkangnya bisa mencapai 30 kamar.

Pindah Kamar

Kenapa kamar nautlis bisa sampai 30 atau lebih? Ketika nautilus semakin besar, tubuhnya semakin maju ke depan. Ia meninggalkan kamar lamanya. Kamar lama itupun ditutup oleh dinding pemisah atau septum. Nautilus lalu pindah menempati kamar baru yang paling depan dan paling besar. hal ini terus berulang setiap kali nautilus bertambah besar. makanya, kamarnya banyak!

Mengapung

Cangkangnya berfungsi melindungi tubuhnya yang lunak. Selain itu, cangkangnya menjaganya agar ia berenang dengan tegak dan mengapung. Bagaimana caranya? Kamar-kamar lamanya berisi gas dan cairan. Kamar-kamar itu dihubungkan dengan pipa cangkang yang disebut spichuncle. Dengan pipa itu, nautilus mengatur banyaknya air dan gas di cangkangnya, sehingga ia dapat mengapung.

Perburuan Cangkang

Kamarnya unik, rumahnya cantik. Ya, rumah atau cangkang nautilus yang cantik sering diburu orang. Cangkangnya itu dijadikan aneka perhiasan. Bagus, sih, tetapi nautilus jadi terancam punah. Karena itu, berbagai negara melarang perburuan dan penjualan cangkang nautilus. Salah satunya, Indonesia.

Teks: Lita, Foto: Creative Commons