Hari Raya Saraswati, Hari Turunnya Ilmu Pengetahuan

By Putri Puspita, Sabtu, 19 Agustus 2017 | 05:58 WIB
Merayakan Hari Raya Saraswati (Putri Puspita)

Hari Sabtu, 19 Agustus 2017 bertepatan dengan Hari Raya Saraswati. Hari raya ini dimaknai umat Hindu sebagai turunnya ilmu pengetahuan yang suci. Hari Raya Saraswati ini diperingati setiap enam bulan sekali.

Dewi Saraswati

Bagi umat Hindu, Dewi Saraswati adalah dewi ilmu pengetahuan yang suci. Dewi Saraswati digambarkan sebagai seorang dewi yang cantik dengan empat tangan membawa berbagai simbol suci, berpijak di atas teratai, serta diapit oleh seekor angsa dan merak. Kesemua gambaran ini memiliki makna tersendiri.

  1. Perempuan cantik merupakan simbol ilmu pengetahuan itu mulia, luhur, dan menarik.
  2. Bertangan empat adalah lambang dari Catur Weda Samhita, yang merupakan sumber ilmu pengetahuan suci Agama Hindu.
  3. Pustaka atau Cakepan adalah simbol ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.
  4. Aksamala atau Genitri, melambangkan konsentrasi atau meditasi.
  5. Wina adalah simbol musik alam semesta atau musik angkasa.
  6. Angsa adalah simbol kebijaksanaan.
  7. Teratai, adalah simbol kesucian.
  8. Burung Merak, adalah simbol kewibawaan

Persembahyangan

Umat Hindu memperingati Hari Raya Saraswati dengan melakukan persembahyangan, terutama di sekolah atau tempat-tempat lain yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Selain itu, umat Hindu juga datang ke pura untuk bersembahyang. Biasanya buku-buku dikumpulkan dengan rapi, kemudian sesajen atau banten Saraswati diletakkan di atasnya.

Di sekolah-sekolah, biasanya diadakan perlombaan membuat sarana persembahyangan, ada juga penampilan tari-tarian, dan kegiatan malam renungan.

Perayaan Hari Raya Saraswati menjadi renungan akan pentingnya ilmu pengetahuan dan menggunakan ilmu tersebut untuk kebaikan dan kebijaksanaan. Sebagai seorang siswa, belajar adalah tugas utama, baik itu belajar dari sekolah, teman, keluarga, ataupun membaca sendiri dari koran dan majalah. Ketika sudah memperoleh ilmu pengetahuan, kemudian kita diharapkan bisa menggunakannya untuk kebaikan.